Adakan Berbagai Perlombaan, Ditutup dengan Api Unggun

 Kemeriahan Jambore PKK Kota Bengkulu
Jambore Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Kota Bengkulu 2012  dilangsungkan di Raffles City Hotel, Sabtu (10/11) kemarin. Suasana jambore ini cukup meriah dengan adanya berbagai perlombaan yang mengundang perhatian penonton dan dewan juri. Berikut liputannnya.

DENDI SUPRIADI, Kota Bengkulu

IBU-IBU pengurus PPK mulai dari tingkat kecamatan hingga timgkat Kota Bengkulu, Sabtu kemarin larut dalam kegembiraan menyambut Jambore PKK 2012. Kaum hawa yang dipimpin Hj Armelly Kanedi ini mengikuti berbagai perlombaan yang mengundangan geli dan tawa bagi siapa yang menontonnya.

Bagaimana tidak, misalnya lomba drama yang bertema “Penanggulangan Narkoba” dengan peserta 5 orang setiap regu membawakan drama dengan penuh penghayatan. Menariknya lagi beberapa ibu-ibu dihias sedemikian rupa layaknya  laki-laki yang gagah, tegap dan berani. Para ibu-ibu tersebut memainkan peran bapak-bapak, tentang tatacara pencegahan kecanduan narkoba terhadap anak-anaknya. Ada juga yang mendramakan seorang bapak terjerumus dalam pergaulan bebas dan narkoba, hingga lupa akan kewaibannya sebagai kepala keluarga.

Selain menampilkan drama tak ubahnya sebuah film itu, ibu-ibu lainnya juga disibukkan dengan perlombaan lainnya,  pesan berantai dan make up tanpa menggunakan kaca. Dalam perlombaan ini tak sedkit ibu-ibu tampil dengan make yang beragam berupa lisptik tidak teratur, bedak tidak merata, dan penghitaman alis mata yang kurang tepat.

Namun tidak sedkit pula para ibu-ibu ini menunjukkan kepiawaiannya bermake up meskipun tanpa menggunakan kaca. Demikin juga dengan outboun, tari dan lagu yang dibawakan ibu-ibu ini kental dengan gaya anak muda zaman sekarang.

Di sela-sela melihat menyaksikan kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PPK Kota Bengkulu, Hj Armelly Kanedi mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memupuk rasa kebersamaan, persaudaran antar semua pengurus PKK di Kota Bengkulu.

“Perlombaan ini 2 kategori, ada yang bersifat hiburan seperti lomba yel-yel, pesan berantai, outboun dan masukkan pensil ke botol, sedangkan perlombaan berdasarkan program kerja yakni lomba drama tentang penanggulangan Narkoba, menyusun fuzzle, memasak, dan simulasi P4K,” jelasnya.

Istri Walikota Bengkulu ini, juga mengungkapkan bahwa bagi peserta lomba tersebut akan diberikan hadiah, namun jumlahnya besarannya tergantung juara yang diraihnya dalam setiap perlombaan. Dan pembagian hadiah pun dilaksanakan Sabtu malam kemarin, pada saat penutupan yang dimeriahkan dengan acara api unggun.

Sementara itu, Ketua Panitia Hj Surya Darma Efendi mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diikuti 228 perserta, dengan rincian peserta dari PKK masing-masing kecamatan berjumlah 32 orang.  “Selain sebagai hiburan dan mempererat tali silaturahmi, acara ini juga bertujuan untuk memotivasi para kader dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, meningkatkan peran kader dalam proses pemberdayaan masyarakat melalui keluarga, memperoleh informasi dan pengalaman kader dalam keberhasilan pelaksanaan 10 program pokok PKK dan masing-masing wilayahnya,” terangnya.

Sebelumnya acara tersebut dibuka langsung oleh Asisten I Pemkot, Dra Rosmidar didampingi ketua TP penggerak PKK Kota dan kecamatan di Kota Bengkulu.  Pembukaan acara ini ditandai dengan pelepasan balon ke udara diringi dengan tepuk tangan yang meriah dari seluruh peserta.(**)