Ada Puskesmas di Kabupaten Mukomuko Tak Miliki APD

Budi/BE
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Mukomuko, HaidirSIP, Kamis (15/10) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Puskesmas Dusun Baru V Koto, Kecamatan Air Dikit.

MUKOMUKO, BE – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Mukomuko, Haidir SIP, Kamis (15/10), melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Puskesmas DusunBaru V Koto Kecamatan Air Dikit. Paska ada warga dalam wilayahkecamatan itu dinyatakan positif terpapar Covid-19. Dalam sidak itu, Plt Bupati, menemukan di pelayanan kesehatan bagi masyarakat tersebut stok alat pelindung diri (APD) di Puskemas tersebut tidak ada.

“Stok APD tidak ada. Misalnya hazmat atau baju robot dan beberapa APD lainnya. Ini sangat membahayakan jikalau Puskesmas yang berada dalam cluster penyebaran Covid tidak memiliki stok APD,” tegasnya.

Melihat kondisi itu, Haidir langsung menghubungi jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, supaya segera membantu mencukupi kebutuhan APD untuk Puskesmas Dusun Baru V Koto. Tujuannya ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan yang ada kaitannya dengan Covid-19. Petugas kesehatan di Puskesmas itu bisa cepat memberikan penanganan sesuai protokol kesehatan.

“Jangan sampai ketika ada sesuatu hal terjadi. Petugas tidak bisa menangani karena tidak ada ketersediaan APD. Saya meminta, Dinas Kesehatan sesegera mungkin memberikan APD untuk Puskesmas tersebut dan Puskesmas lainnya di daerah ini,” pungkasnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo SKM mengaku telah dihubungi Plt Bupati terkait APD untuk Puskemas Dusun Baru V Koto.

“Plt Bupati lansung menghubunginya terkait APD yang tidak tersedia di Puskesmas,” akunya. Dikatakan Bustam, sejumlah Puskesmas telah kehabisan stok APD. Untuk mencukupi kebutuhan APD bagi Puskesmas, pihaknya masih menunggu anggaran APBD Perubahan. “Untuk pembelian APD yang akan didistribusikan ke Puskesmas, masih menunggu pencairan dana di APBD Perubahan tahun 2020 ini,” lanjutnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*