Ada Pergeseran Moral pada PNS

CURUP, BE – Bupati Rejang Lebong H Suherman SE MM menilai saat ini telah terjadi pergeseran moral ditubuh pegawai negeri sipil. Dimana menurut Suherman, saat ini sudah sangat jelas perbedaan kinerja antara PNS dulu dan sekarang.
“Kalau dulu ada tugas dari atasan langsung dikerjakan, kalau sekarang sudah berani menolak dengan berbagai alasan,” ungkap Suherman sesaat setelah melantik 30 CPNS menjadi PNS di Kabupaten Rejang Lebong, kemarin.
Selain itu, ia juga menggambarkan dulu saat jaman fasilitas serba terbatas, pekerjaan tidak pernah tertunda. Namun sekarang saat semua fasilitas sudah tersedia, PNS yang ada malah malas-malasan untuk bekerja. Menurut Suherman salah satu faktor yang menjadikan pergeseran moral tersebut kemungkinan besar karena faktor disiplin.
“Kalau dulu mungkin karena masih terpengaruh dengan jaman penjajahan yang sangat disiplin sehingga berlaku pada PNS meskipun fasilitas maupun gaji tidak sebesar sekarang,” jelas Suherman.
Selain itu, ia juga menyampaikan faktor lainnya adalah, saat ini kurangnya kesadaran masing-masing individu sehingga terjadi pergeseran tersebut. Sementara itu upaya yang dilakukan pihaknya dalam mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan meningkatkan keimanan dengan menggelar tabligh akbar setiap bulannya. Dengan kegiatan keagamaan tersebut diharapkan bisa kembali meningkatkan kesadaran PNS di Kabupaten Rejang Lebong.
Sementara itu kepada 30 PNS yang baru dilantik dari CPNS, Suherman berharap agar bisa lebih banyak belajar lagi sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. “Belajarlah dengan baik sesuai dengan tupoksi yang ada dan jangan ragu untuk menanya kepada atasan bila belum tahu,” pesa bupati.
Selain itu bupati juga berpesan kepada PNS yang baru tesebut untuk rajin membaca aturan. Karena negara kita adalah negara hukum yang taat pada aturan sehingga tidak terkena masalah dikemudian hari.
Para CPNS yang dilantik menjadi PNS kemarin adalah mereka yang lulus pada penerimaan CPNS melalui jalur umum pada tahun 2013 lalu. Mereka resmi diangkat menjadi PNS setelah satu tahun mengabdi menjadi CPNS di Kabupaten Rejang Lebong. Selain dihadiri bupati, kegiatan pelantikan kemarin juga dihadiri Plt Sekda Kabupaten Rejang Lebong, Kepala BKD Rejang Lebong, serta sejumlah pejabat dilingkup sekretariat kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan pelantikan dilaksanakan di Ruang Pola Pemkab Rejang Lebong.(251)