Ada Mahluk Hidup di Bawah Benua Antartika

MOSCOW–Para ilmuwan memperkirakan ada mahluk hidup di bawah lapisan es Benua Antartika.”Mungkin ada beberapa hewan kompleks yang hidup di Danau Vostok, yang terletak sekitar 4 km di bawah lapisan es Antartika,” ujar salah satu ilmuwan dalamĀ  jurnal PLoS One, yang dikutip BBC (8/7).

Hasil pengeboran lapisan es, ilmuwan menemukan tanda organisme seperti bakteri yang sering dikaitkan dengan moluska laut, krustasea dan bahkan ikan. Namun, bisa jadi materi organik ini mungkin juga merupakan kontaminasi di masa lalu.

Para ilmuwan mengakui, dasar Antartika berisi jaringan sungai kompleks dan diduga dihuni banyak organisme berdasar jejak mereka yang telah ditemukan. Organisme ini mungkin telah terseret ke danau Vostok dari lautan es Artartika.

Pertama kali diidentifikasi pada 1956 oleh Rusia dan dipetakan pada 1990-an oleh Inggris. Vostok meliputi area seluas 15 ribu km persegi, dan di tempat-tempat tertentu memiliki kedalaman hingga 800 m.

Para peneliti percaya materi genetik ini belum ditemukan selama jutaan tahun, dan upaya pengeboran baru-baru ini yang mencoba untuk sampel airnya berhasil mengungkapnya.

Ribuan temuan unik yang diidentifikasi bakal dirilis ke publik. Di mana sebagian besar, 94 persennya merupakan bakteri, sementara kelompok yang lebih kecil enam persen adalah bakteri lebih kompleks, serta organisme multisel (eukariota) juga archaea primitif, yakni mikroba bersel tunggal.

Tim juga menemukan komunitasĀ  bakteri yang berkembang dalam lingkungan ekstrim yang panas, seperti di sekitar ventilasi hidrotermal gunung berapi di dasar laut. “Jika ventilasi seperti itu ada di Vostok, mereka bisa menyediakan sumber energi dan nutrisi penting untuk organisme hidup di danau,” lanjutnya.

Danau Vostok merupakan sebuah danau di Antarktika. Danau ini selama jutaan terakhir terletak tersembunyi di balik lapisan tebal es Benua Antarktika, yang membuatnya tidak pernah terlihat, apalagi tersentuh oleh satupun tangan manusia. Ini membuat danau tersebut, bila pada akhirnya berhasil dicapai oleh para ilmuwan, sangat mungkin masih didiami oleh ikan maupun hewan lain yang belum pernah dilihat manusia.

Dalam bahasa Rusia disebut juga ??????, merupakan danau terbesar di Antartika, dari sekitar 400 an danau subglasial. Terletak di selatan Pole of Cold, di bawah lapisan permukaan es Antartika Timur. Tepat di bawah Stasiun Vostok milik Rusia, yang terletak di ketinggian sekitar 3.488 m DPAL. Sedangkan permukaan airnya terletak sekitar 4 km, di bawah permukaan es.

Danau ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli georafi Rusia bernama Andrey Kapitsa, berdasarkan pengukuran seismic selama Soviet Antartic Expedition 1959 dan 1964 untuk mengukur kedalaman es di Antartika. (esy/jpnn)