Ada Kandungan Festisida Pada Cabai

ASRI/Bengkulu Ekspress PANTAU: Dinas Ketananan Pangan Bengkulu Selatan memantau sayur dan buah-buahan untuk memastikan apakah layak konsumsi atau tidak di pasar ampera, Kamis (16/5).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Untuk memastikan sayuran dan buah-buahan aman dikonsumsi warga Bengkulu Selatan (BS) selama Ramadahan, Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan melakukan uji sampel terhadap sayuran dan buah-buahan yang dijual di pasar ampera dan kutau. “ sayuran dan buah yang di jual kami uji sampelnya,” kata kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan, Ir Iskandar AZ.

Iskandar mengaku dari hasil uji sampel ke laboratorium. Pengujian tersebut untuk memastikan apakah sayuran dan buah-buahan tersebut mengandung festisida atau bahabn berbahaya lainnya serta menggunakan bahan pengawet. Sebab, jika ditemukan maka sayuran dan buah-buahan tersebut tidak layak kondumsi.



“ Hasil uji laboratorium, kami menemukan ada kandungan festisida pada cabai,sedangkan sayuran dan buah-buahan aman ,” ujarnya.

Iskandar menjelaskan, dengan adanya temuan cabai yang terindikasi mengandung festisida tersebut, dirinya menyarankan kepada warga Bengkulu Selatan sebelum mengkonsumsi cabai tersebut agar dibersihkan. Sedangkan untuk sayuran dan buah-buahan agar bisa dicuci dengan air bersih. Sehingga bibit penyakit yang hinggap ke sayur dan buah-buahan tersebut hilang.

“ Khusus cabai, sebelum dimasak, harus dicuci sebersih mungkin sampai steril, kalau sudah begitu cabai baru nyaman dikonsumsi,” terang Iskandar. (369)