Ada 6.103 Janda dan Duda

Gunawan Suryadi S Sos MAP

Terbanyak di Kota Manna

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress–Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu Selatan (BS), Gunawan Suryadi S Sos MAP melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Edi Suhaimi S Sos mengatakan tahun ini, ribuan warga Bengkulu Selatan yang berstatus sendiri atau janda dan duda.

“ Jumlahnya ada 6.103 orang,” katanya.



Jumlah tersebut, beber Edi sebanyak 4.994 janda dan 1.109 duda. Dari 6.103 janda duda di Bengkulu Selatan , yang paling pada umumnya masih berusia produktif yakni sekitar 30 tahun. Namun demikian, masih ada yang berusia muda yakni masih dibawah umur. “ Ada janda yang masih berusia 17 tahun,” imbuhnya.

Adapun faktor mereka menyandang status janda ada yang ditinggal suaminya atau istrinya karena meninggal dunia. Namun ada juga karena pasangannya menikah lagi atau cerai. Dari 6.103 janda yang tersebar di BS, yang paling sedikit berada di Kecamatan Bunga mas. Jumlah janda dan duda di daerah ini hanya 249 orang. Sedangkan di Kecamatan lain ada kisaran 300 – 500 orang.

“ Yang terbanyak di kecamatan Kota Manna ada 1.077 orang,” bebernya.

Namun sayangnya dirinya tidak tahu faktor penyebab banyaknya janda yang karena bercerai. Dirinya mengaku data tersebut diketahui berdasarkan dari catatan kependudukan yang masuk kepihaknya. “ Kalau penyebab bercerai, saya tidak tahu,data yang ada hanya status warga tersebut saja,” tutupnya. (369)