Ada 276 TPQ Terdaftar di BS

BINA: Kakan Kemenag BS saat memberikan pembinaan kepada guru TPQ beberapa waktu lalu.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dalam rangka membebaskan warga Bengkulu Selatan (BS) buta baca Al Qur’an, di BS saat ini sudah berdiri ratusan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ). Ratusan TPQ tersebut tersebar di 11 Kecamatan dalam wilayah BS.

“Dari data yang saya terima di BS ada 276 TPQ yang terdaftar,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama ( Kakan Kemenag ) BS, Dr H Junni Muslimin MA.

Dikatakan Junni, untuk pengembangan TPQ tersebut, pihaknya sudah menggelar pelatihan kepada Ketua atau pengurus TPQ di BS. Pelatihan tersebut digelar beberapa hari lalu aula kemenag BS. Dengan pelatihan tersebut, diharapkan pembinaan semua TPQ terhadap anak didiknya semakin maksimal. Sehingga ke depannya semua warga BS khususnya umat Islam, tidak ada lagi yang tidak bisa baca Al Qur’an.

“Di TPQ dimulai dengan mengajar Iqra. Sebab iqra merupakan pondasi awal anak untuk membaca Al-Quran dengan baik dan benar, sehingga kita semua harus saling mendukung memajukan TPQ ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga memberikan bantuan Iqra’ kepada peserta pelatihan. Sehingga diharapkan dapat menambah jumlah Iqra’ di TPQ tersebut. Dengan adanya pelatihan dan pembinaan para guru TPQ tersebut, dirinya berharap akan menciptakan pengajar-pengajar TPQ yang mampu mengajar dengan metode yang tepat dan menyenangkan. Sebab sasaran peserta TPQ adalah anak-anak. Dengan begitu anak-anak akan dapat lebih mudah menerima ilmu yang diajarkan guru. Hingga pada akhirnya mereka dapat dengan cepat membaca Iqra, kemudian mereka bisa segera membaca alqur’an.

“Saya berharap, ke depannya semua warga BS bisa membaca Al Qur’an,” harap Junni. (369)