Absen 6 Kali, Dewan Dipecat

BengkuluTAIS, Bengkulu Ekspress – Ini peringatan bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seluma yang malas menghadiri rapat. Berdasarkan tata tertip (tatib) DPRD Seluma tahun 2014, anggota DPRD Seluma yang tidak hadir rapat sebanyak enam kali secara berturut-turut maka bisa diusulkan diberhentikan. Meski belum ada anggota dewan yang ketidakhadirannya dalam rapat mencaoai 6 kali, namun beberapa anggota dewan yang malas rapat sudah terdata dan sudah diberikan surat peringatan oleh Badan Kehoramatan (BK).

“BK DPRD Seluma tetap memantau disiplin anggota DPRD Seluma. Beberapa anggota dewan sudah mendapatkan peringatan lisan dan tertulis,” sampai Ketua BK Seluma Zainal Arifin SSos kepada Bengkulu Ekspress kemarin (22/1).

Sampai saat ini belum ada anggota DPRD Seluma yang tidak hadir dalam rapat resmi sampai enam kali berturut-turut. Hanya saja ada beberapa anggota yang sudah beberapa kali tidak hadir dan tetap menjadi pantauan BK DPRD Seluma.

Zainal menuturkan, tatib tersebut memiliki kelemahan. Yakni jika anggota DPRD yang bersangkutan hadir rapat, maka ketidakhadirannya dalam rapat sebelumnya dianggap hangus. Penialaian ketikhadirannya kembali ke awal.

“Setiap kelebihan pasti ada kekurangan dan ini beberapa orang sudah tidak hadir, namun saat hitungan ke tiga yang bersangkutan hadir, maka dihitung kembali dari satu lagi,”sambungnya.

Zainal mengharapkan seluruh anggota DPRD Seluma menaati tatib yang sama-sama sudah disepakati. Untuk saat ini tatib mengenai larangan merokok saat melaksanakan sidang yang sudah dijalankan.

“Kalau larangan merokok, semua anggota DPRD yang merokok sudah mentaatinya. Demi ketertiban bersama saat rapat penting bagi yang mau merokok harus keluar untuk merokok. Dilarang di dalam ruangan rapat,” ujarnya.

Sementara itu, menjelang pergantian alat kelengkapan DPRD Seluma yang dibahas hari ini Senin (23/1). Fraksi Golkar DPRD Seluma tetap mengutus Zainal Arifin untuk menjadi anggota BK. Selain BK, kelengkapan DPRD Seluma lainnya seperti Bamus, Baleg dan Banggar juga akan dirombak keanggotannya.

“Hari ini disahkan dan diparipurnakan oleh DPRD Seluma,” sampainya.(333)