Abrasi, Rumah Warga Seginim Nyaris Terjun ke Sungai

NYARIS: Rumah warga Desa Darat Sawah Ilir, Seginim ini nyaris terjun ke sungai akibat abrasi.

SEGINIM, bengkuluekspress.com – Akibat hujan selalu mengguyur wilayah Bengkulu Selatan (BS), telah menyebabkan sungai selalu meluap. Akibatnya pinggiran sungai terkikis dan nyaris menyebabkan rumah warga terjun ke sungai. Hal ini dialami Burhan (43), warga Desa Darat Sawah Ilir, Seginim. Pasalnya rumahnya nyaris terjun ke sungai Air Nipis.

“Jarak dinding dengan pinggir sungai paling 30 cm lagi,” katanya.

Mengingat saat ini masih musim hujan dan khawatir di saat sedang tidur, sungai Air Nipis kembali meluap dan menyebabkan rumahnya benar-benar terjun ke sungai, sehingga saat ini atap rumah sudah dibongkar oleh warga secara bergotong-royong.

“Kami sudah tidak tinggal di rumah itu lagi saat ini karena kami takut rumah itu benar-benar ambruk dihantam arus sungai,” ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, dirinya sangat berharap Pemda BS dapat mencarikan solusi diantaranya memindahkan alur sungai atau memasang bronjong agar tidak terjadi lagi pengikisan oleh arus sungai. Sebab sambung Burhan bukan hanya rumahnya saja yang terancam ambruk tergerus oleh arus sungai air nipis, namun masih banyak rumah warga lainnya yang juga sudah dekat dengan pinggir sungai. Sehingga jika terus dibiarkan, bukan hanya rumahnya saja yang ambruk, namun rumah warga lainnya akan ikut ambruk.

“Kami sangat berharap Pemda BS segera mencarikan solusi agar rumah kami tidak terjun ke sungai,” harap Burhan. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*