ABKIN Bengkulu Gelar Sharing Sessions Bersama Guru BK

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pengurus Daerah ABKIN (Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia) Provinsi Bengkulu mengadakan sharing sessions yang diberi Tema “Layanan Bimbingan dan Konseling pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Covid 19: Permasalahan dan Solusi” pada Sabtu (5/09/2020) siang, melalui aplikasi zoom.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Umum Pengurus Besar ABKIN, Prof. Dr. Muh Fahrozin, M. Pd.

“Guru BK itu harus memiliki kemampuan dalam melakukan berbagai layanan BK, salah satu keterampilan yang harus dimiliki adalah kemampuan teknologi dan informasi. Dan yang harus dipedomani oleh guru – guru BK adalah pedoman yang dikeluarkan oleh pemerintah,” ujar Fahrozi saat memberikan arahan sekaligus membuka acara.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Umum PD ABKIN Bengkulu, Dr. I Wayan Dharmayana, M. Psi. Beliau menyampaikan kondisi ini ancaman dan tantangan, karena harus bisa meregulasi emosi, karena your mind is your power.

Sementara ketua panitia kegiatan ini, Vira Afriyati, M. Pd., Kons menyampaikan, acara ini adalah wujud dari kepedulian ABKIN, dalam memfasilitasi curahan hati para guru BK di Provinsi Bengkulu dalam adaptasi kebiasan baru di era new normal ini.

“Follow up dari kegiatan hari ini, ABKIN Bengkulu akan rutin mengadakan workshop dan seminar yang membantu para guru BK untuk melakukan kegiatan layanan BK pada siswa,” kata Vira.

Dari kegiatan ini, terungkap beberapa permasalahan dan kendala yang dihadapi guru BK di lapangan, di antaranya, susahnya para siswa mendapatkan sinyal, banyak siswa yang belum memiliki smartphone, ketidakmampuan membeli kuota.

Berbagai kendala lainnya ini disampaikan secara bergantian oleh perwakilan guru BK dari 10 kabupaten kota di Provinsi Bengkulu.(**)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*