Abdan Cofee, Produksi Bubuk Kopi Petik Merah

FOTO KAPRAWI RAHIM/ BE – Desma Wijaya, SE pemilik Abdan Cofee saat memperlihatkan produk Bubuk Kopi Petik Merah miliknya

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Kopi, saat ini menjadi salah satu minuman, yang banyak digemeri kalangan tua dan muda, di Indonesia, termasuk di kota Bengkulu. Berbagai macam jenis bubuk kopi, kini mulai diproduksi sendiri di kota Bengkulu. Salah satunya, Bubuk Kopi Petik Merah, yang diproduksi langsung oleh Abdan Cofee.

Kopi Petik Merah, merupakan jenis kopi asli robusta, yang berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, tepatnya di Kecamatan Sindang Dataran. Dinamakan Kopi Petik Merah, karena lantaran biji kopinya berbeda dari kopi yang lain. Seperti saat panen, semua biji kopinya harus berwarna merah, dan proses penjemuran kopinya, ditempatkan khusus diatas solar dayer (jejaring kawat). 

“Kita produksi Bubuk Kopi Petik Merah ini, karena dari proses panen, sampai penjemuran, kopinya diperhatikan secara khusus. Sehingga kopi ini, bisa menghasilkan aroma yang lebih nikmat, berbeda dari kopi lain, yang diurus secara asal-asalan,” ujar Desma Wijaya, SE pemilik Abdan Cofee, saat ditemui Bengkulu Ekspress, Kamis (06/02).

Karena memiiki perbedaan dari jenis kopi yang lain. Sejak 08 Desember 2019 lalu, Abdan Cofee mulai memproduksi secara langsung Bubuk Kopi Petik Merah. Hal ini dikatakan Desma, lantaran menindaklanjuti hasil dari pelatihan bisnis kopi pemula, yang pernah dia ikuti pada bulan Oktober 2018 lalu. 

“Pada bulan Oktober 2018 lalu, kita pernah mengikuti pelatihan bisnis kopi pemula. Jadi, kita mulai tertarik untuk mengembangkan usaha kopi. Setelah itu, ada teman yang menawarkan biji Kopi Petik Merah. Karena memiliki perbedaan dari biji kopi yang lain, kita mulai memproduksi secara langsung Bubuk Kopi Petik Merah ini,” tambahnya.

Bubuk Kopi Petik Merah, saat ini mulai dipasarkan dengan haraga yang cukup terjangkau. Yaitu, hanya dengan harga Rp 35 ribu per bungkus, dengan berat bersih 250 gram per bungkusnya. “Per bungkusnya, kita jual dengan harga Rp 35 ribu saja, dengan berat bersih 250 gram setiap bungkusnya,” demikian ujar Desma.

Bagi anda pecinta kopi, tentunya tidak ingin ketinggalan menikmati produk kopi terbaru ini. Saat ini, Bubuk Kopi Petik Merah, bisa anda dapatkan di Abdan Cofee, yang beralamat di Jalan Sungai Rupat Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu, tepatnya di belakang Pengadilan Negeri Tipikor PHI. (MG7)