Dua Desa Belum Cairkan DD

 

Hamdan Sarbaini SSos

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Hingga saat ini, dari 142 desa se-Bengkulu Selatan (BS), ternyata masih ada desa belum mencairkan dana desa (DD) tahap ke-3.Padahal saat ini sudah penghujung November 2019.

“Masih ada 2 desa lagi yang belum mencairkan DD tahap ke-3,” kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) BS, Hamdan Sarbaini SSos kepada BE.

Hamdan mengatakan, kedua desa tersebut, yakni Desa Tebat Kubu, Kota Manna dan Desa Keban Agung Tiga Kecamatan kedurang.

Desa ini belum belum bisa mencairkan DD tahap ke-3 karena terhambat oleh kepala desanya yang saat ini masih kosong. Pasalnya, jabatan kepala desa sebelumnya sudah berakhir. namun belum ada penunjukan pejabat sementara (Plt) kades.

“Selama ini kedua desa tersebut belum ada Plt kadesnya, sedangkan jabatan kades sebelumnya sudah berakhir,” ujarnya.

Namun, Hamdan memastikan dalam waktu dekat ini, kedua desa tersebut segera mencairkan DD tahap ke-3. Pasalnya, untuk Desa Keban Agung Tiga, dalam waktu dekat ini segera ditunjuk Plt kades.

Sedangkan, Desa tebat Kubu, surat keputusan (SK) penunjukan Plt kades sudah ditandatangani.“Dalam satu atau dua hari ke depan, kedua desa tersebut sudah bisa mengajukan pencairan DD tahap ke-3, karena Plt kadesnya segera kami tetapkan,” bebernya.

Setelah ke-2 desa tersebut, mencairkan DD tahap ke-3, maka semua desa di BS 100 persen mencairkan DD tahap ke-3. Diharapkan dapat membantu peningkatan kesejahteraan warga desa setempat.



Hamdan menjelaskan, jika selama ini penggunaan DD masih terfokus pada kegiatan fisik, maka pada tahun 2020 mendatang, fokusnya dialihkan pada pemberdayaan masyarakat.“Setelah DD tahun 2019 tuntas, maka 2020 nanti, DD difokuskan untuk pemberdayaan masyarakat. Dengan pelatihan atau penggalian potensi di desa,” demikian Hamdan. (369)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*