99 CJH Lunas BPIH

M Nasir

BINTUHAN,Bengkulu Ekspress– Jelang berakhirnya waktu pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap I ini, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kaur mencatat dari 108 orang calon jamaah haji Kaur 2019, 99 diantaranya sudah lunas BPIH tahap I, atau sudah mencapai 91,6 persen. Data ini bersumber dari Sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) pada Kemenag, calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Kaur yang sudah lunas tahap I ini dipastikan pula sudah berhak berangkat nantinya.

“Hingga minggu terakhir pelunasan, sebanyak 99 CJH Kabupaten Kaur sudah melakukan pelunasan atau sekitar 91,6 persen,” kata Kepala Kemenag Kaur Drs. H. Zainal Abidin MHI melalui Kasi PHU H. Muhammad Nasir S Pd, kemarin (14/4).

Dikatakan pria asal Palembang ini, pelunasan BPIH tahap pertama ini akan berlangsung hingga 15 April 2019. Sedangkan pelunasan untuk tahap kedua diperuntukan khusus bagi jamaah lansia dan mahram. Nasir menambahkan, saat ini Kemenag Kaur terus memberikan himbauan dan sosialisasi kepada jamaah calon haji Kabupaten Kaur untuk segera melakukan pelunasan.



“Himbauan itu salah satunya kita sampaikan melalui 15 KUA di Kecamatan untuk membantu menyampaikan informasi berkaitan dengan hal ini kepada CJH di wilayahnya masing-masing,” imbuhnya.

Ditambahkannya, untuk tahapan yang saat ini dilakukan yakni diantaranya sudah menggelar tes kebugaran atau tes fisik para CJH. Selain itu juga sudah menggelar beberapa kali manasik haji dan dalam waktu dekat dalam rangka kesehatan juga akan dilakukan vaksin. Kemenag menghimbau kepada CJH untuk memperbanyak rutinitas olahraga. Hal ini dilakukan untuk kesehatan tetap terjaga dan dapat melakukan aktifitas nantinya ditanah suci.  “Ya untuk besok (hari ini) kita akan melakukan suntik vaksin bagi CJH Kaur ini Puskemas Bintuhan, dan ini bekerjasama dengan Dinkes Kaur,” tandasnya.(618)