966 Nakes di Benteng Bakal Divaksin


Bakti/BE
TIBA: Sebanyak 1.760 dosis vaksin Covid-19 gelombang pertama tiba di gudang Farmasi Dinkes Benteng, Rabu (13/1).

BENTENG, bengkuluekspress.com– Sebanyak 966 orang tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah didaftarkan sebagai orang yang bakal divaksin pada gelombang pertama. Rencananya, vaksinasi bakal digelar pada Jumat (15/1) lusa. Khusus di Kabupaten Benteng, ada 3 fasilitas kesehatan (Faskes) bakal dijadikan tempat vaksinasi. Yaitu di Puskesmas Ujung Karang, Puskesmas Karang Tinggi dan RSUD Benteng.
Diketahui, sebanyak 1.760 dosis vaksin telah tiba di gedung Instalasi Farmasi Dinkes Benteng, sekitar pukul 11.00 WIB, Rabu (13/1). Agar tak rusak, vaksin di simpan didalam kulkas dengan suhu 2-8 derajat celcius. Pendistribusian vaksin dihadiri oleh Kapolres Benteng, AKBP Ary Baroto SIK MH didampingi Kabag Ops, Kompol Januri Sutirto.

Kepala Dinkes Benteng, Ns Gusti Miniari SKep MH, melalui Kasi Surveilans dan Imunisasi, Yoki Hermansyah menjelaskan, semua vaksin yang tiba gelombang pertama diperuntukan kepada Nakes. Setelah didaftarkan secara online, Nakes akan menerima pemberitahuan melalui pesan singkat SMS sebagai orang yang bakal divaksin. Setiap orang akan divaksin sebanyak 2 kali. “Setelah divaksin pada tanggal 15 Januari, nantinya Nakes akan divaksin yang kedua kali. Paling lambat, 15 hari setelah vaksinasi pertama,” ungkap Yoki.

Yoki mengungkapkan, tak semua bisa disuntik vaksin. Ada beberapa yang tak bisa diberi vaksin Covid-19 produksi sinovac. Yaitu, pernah terkonfirmasi menderita Covid-19, ibu hamil dan menyusui, penderita penyakit jantung, autoimun, ginjal, reumatik autoimum, hipertiroid, kanker, ISPA, diabetes miletus, HIV, saluran pencernaan kronis dan penderita penyakit paru.
“Sebelum disuntik, Nakes akan discreening terlebih dahulu oleh petugas. Dalam kondisi tertentu, Nakes tak bisa divaksin,” ungkap Yoki.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*