96 Persen Warga Dijamin BPJS

SOSIALISASI: kegiatan sosialisasi BPJS di ruang rapat mantor Bupati BS, Selasa (17/3).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu Adian Fitria mengatakan, hampir semua warga Bengkulu Selatan (BS), telah terjamin kesehatannya melalui BPJS kesehatan. Dikatakannya, dari 168.936 jiwa warga BS, yang terjamin kesehatannya sebanyak 162.2227 jiwa. Bila dipersentasekan sudah mencapai sekitar 90 persen.

“BS merupakan peserta BPJS tertinggi keikutsertaan warganya di Provinsi Bengkulu, yakni 96,03 persen,” kata Adian saat mengikuti rapat koordinasi Forum Komunikasi para Pemangku Kepentingan Utama JKN –KIS, Selasa (17/3) di ruang rapat kantor Bupati BS.

Dikatakannya, warga BS yang belum dijamin kesehatannya melalui BPJS hanya tersisa 6.709 jiwa. Adapun rinciannya warga BS yang mendapat jaminan BPJS kesehatan, yakni 70.044 peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN, 43.985 jiwa dari PBI kabupaten. Anggaran BPJS di APBD BS sebesar Rp 28,720 Miliar.

Peserta penerima Upah (PPU) sebanyak 16.151 jiwa yang merupakan peserta mandiri serta 3.327 peserta bukan pekerja.“Dengan banyaknya warga terjamin kesehatannya melalui BPJS, diharapkan ke depan tidak ada warga yang sakit tidak berobat dengan alasan tidak punya biaya,” bebernya.

Sekretaris Daerah (sekda) BS Yudi Satria SE MM berharap pihak BPJS kesehatan dapat memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal sehingga ke depan tidak ada lagi pasien yang mengeluh karena pelayanan yang tidak maksimal. Dirinya juga meminta ketersediaan obat yang ditanggung BPJS juga berkualitas baik. Sebab pemda BS sudah menganggarkan dana besar pada APBD BS.

“Semoga dengan anggaran yang besar kita sediakan di APBD BS, pelayanan BPJS makin maksimal dengan obat yang bagus,” harap Yudi Satria. (369)