936 Calon PPS Jalani Tes

Pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPS di Kabupaten Rejang Lebong Selasa (10/3) kemarin. Tes tertulis untuk calon anggota PPS tersebut diikuti sebanyak 936 orang.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong melaksanakan tes bagi 936 calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Rejang Lebong.

Tes tertulis yang dilaksanakan kemarin dilaksanakan disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.”Hari ini kita melaksanakan tes tertulis bagi calon anggota PPS di 156 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong,” sampai koordinator Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat, KPU Kabupaten Rejang Lebong, Ujang Maman Selasa (10/3) selasa.

Dijelaskan Ujang, tes yang diikuti oleh calon anggota PPS tersebut adalah tes wawancara dengan metoder terstruktur tertulis. Pelaksana tes tersebut adalah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Lokasi tes sendiri disesuai dengan kecamatan masing-masing ada yang dilaksanakan di gedung sekolah dan ada yang dilaksanakan di aula kantor camat.

“Karena ada yang menggunakan gedung sekolah, sehingga pelaksanaan tes kita laksanakan siang setelah anak-anak sekolah pulang,” aku Ujang.

Dalam tahapan seleksi anggota PPS tersebut, menurut Ujang dari total pendaftar sebanyak 936 orang akan diambil sebanyak 468 orang atau tiga orang disetiap desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong dengan jumlah desa dan kelurahan sebanyak 156 desa dan kelurahan.

Kemudian mereka yang dinyatakan lulus dan memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku akan dilantik pada 22 Maret mendatang dengan lama masa bertugas selama delapan bulan.

“Anggota PPS yang terpilih nanti akan bertugas mulai tanggal 23 Maret ini sampai 30 November 2020,” terang Ujang.

Selama menjalankan tugasnya sebagai anggota PPS, mereka akan mendapat honor setiap bulannya dengan besaran bervariasi sesuai dengan jabatannya.

Dimana untuk jabatan ketua PPS akan menerima honor sebesar Rp 1,2 juta setiap bulannya seangkan untuk anggota sebesar Rp 1,150 juta per bulannya. (251)