9 Proyek DAK Dilelang

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Jika tak ada aral melintang, sebanyak 9 paket proyek yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat tahun anggaran (TA) 2019 akan segera dilelang. Kabag Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Benteng, Andi Erzantara SSTP MSi menjelaskan, bahwa penayangan daftar lelang proyek dari DAK paling lambat terealisasi pada akhir bulan Juni 2019 ini.

Diketahui, kata Andi, hanya tinggal 3 (tiga) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penerima DAK yang belum melelang paket proyek. Meliputi, 4 paket proyek dari Dinas Kesehatan (Dinkes), 1 paket proyek Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip) dan 84 paket proyek dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kabupaten Benteng.

Minggu depan, semua paket proyek dari DAK sudah harus dilelang,” kata Andi.Mantan Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan (Barenlitbang) Kabupaten Benteng ini menerangkan, deadline pelaksanaan lelang proyek DAK merupakan instruksi dan arahan dari Pemerintah Pusat.

Hal ini disampaikan mengingat proses pencairan DAK tahap I tahun 2019 diprediksi akan dilakukan pada akhir Juli 2019.”Jika pencairan DAK tahap I paling lambat bulan Juli, artinya pada bulan Juli semua proyek sudah terkontrak. Agar penyaluran dana sesuai rencana, lelang harus dipercepat. Jika tidak, DAK akan hangus alias menjadi Silpa,” kata Andi.

Dari keseluruhan OPD penerima DAK, kata Andi, terdapat 15 paket proyek. Delapan paket proyek dari DAK dan 7 paket proyek dari APBD Kabupaten Benteng.”Keseluruhan, terdapat sebanyak 72 paket proyek yang telah terdaftar di LPSE Setda Pemkab Benteng tahun anggaran 2019 ini. Dari keseluruhan, 49 paket proyek sudah selesai dilelang pada awal tahun 2019 dan langsung dikerjakan oleh pemenang tender (kontraktor). Baik itu proyek pengadaan ataupun proyek pembangunan infrastruktur serta sarana dan prasarana (fisik,red),” pungkasnya.(135)