9 Jabatan Eselon II Berpotensi Kosong

Doni/Bengkulu Ekspress Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid didampingi Sekda Zamzami Zubir dan jajaran memberikan keterangan pers terkait dengan lelang jabatan 9 kepala OPD.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress– Sebanyak 9 jabatan eselon II yang dilelang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang berpotensi tidak terisi keseluruhan atau kosong. Pasalnya, sekarang di lingkungan Pemkab Kepahiang masih kekurangan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan standar persyaratan menduduki jabatan kepala dinas ataupun badan.

Kondisi tersebut diakui Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM IPU, Rabu (10/7).Bupatipun menyebutkan adanya potensi peserta Tidak Memenuhi Syarat (TMS) ikut mendaftar. “Kalau kita buka untuk umum dari luar, banyak yang sudah golongan IV C dan sudah PIM tingkat II Kita mencari yang sudah PIM III saja susah. Memang ada yang sudah memenui syarat, tetapi ada juga satu dua yang belum berarti TMS untuk mengikuti lelang jabtan ini,” tegas Bupati.

Menurutnya, lelang jabatan memiliki proses dan tahapan, pasca lelang diumumkan nanti semua berkas administrasi peserta diseleksi sekretariat. Kemudian diserahkan kepada pansel baru disampaikan kepada Bupati. “Bupati menyampaikan ke KASN, jika dinilai layak oleh KASN, kalau KASN belum setujuh berarti ada yang harus diperbaiki,” ucapnya.



Meski mengaku kekurangan SDM, Bupati tetap menisyarakat peserta lelang jabatan harus ASN yang terdaftar bertugas di jajaran Pemkab Kepahiang serta miliki KTP Kabupaten Kepahiang. “Dalam proses lelang jabatan ini kita akan memanfaatkan SDM yang ada semaksimal mungkin. Tetap mencari yang sesuai dengan pendidikanya, dan lengkap persyaratanya. Jika ada kurang-kurang dikit ya, tidak apa. Tetap berpihak kita kepada orang Kabupaten Kepahiang. Kalau dibuka untuk orang luar, nanti dikatakan bupati tidak berpihak kepada orang Kepahiang, itu secara politiknya,” tutur Hidayatullah.

Sembilan jabatan Kepala Dinas (Kadis) dan Kepala Badan (Kaban) yang tengah dilelang Pemkab Kepahiang. Yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Dinas Kesehatan, Bappeda, BKDPSDM, Dinas PUPR, Dinas P2KBP3A, Badan Keungan Daerah (BKD), dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Disparpora, Dinas Kominfo Persandingan dan Statistik, dan Sekretaris Dewan. (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*