9 Desa di Lebong Jadi Desa Digital

Camat Amen Kabupaten Lebong, Adip Ropik SSos==

LEBONG, bengkuluekspress.com – Sempat batal akibat wabah Covid-19, Pemerintah Kecamatan Amen Kabupaten Lebong kembali akan merancang 9 Desa yang ada di wilayahnya sebagai desa pelopor penerapan website desa (desa digital).
Camat Amen Kabupaten Lebong, Adip Ropik SSos mengatakan, bahwa memang sebelumnya dalam penerapan desa digital di 9 desa sempat terkendala. Akan tetapi saat ini semua desa yang ada di wilayah Kecamatan Amen telah menyelesaikan penyusunan rancangan Anggaran Pendapatan dan belanja Desa (RAPBDes).
“Tahun ini (2021) kita rencanakan akan diterapkan, masing-masing desa telah menganggarkannya,” sampainya, Sabtu (16/01)

Penerapan atau pembuatan website desa sendiri merupakan salah satu upaya dari Pemerintah desa (Pemdes) yang berada di Kecamatan Amen, dalam mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong dalam hal ini Lebong Smart City.
“Masing-masing Pemdes telah sepakat akan mendukung untuk membuat website desa,” ujarnya

Sebagai langkah awal, salah satu dari 9 desa yaitu Desa Sungai Gerong akan terlebih dahulu menjadi desa yang akan menerapkannya, atau bisa dikatakan sebagai pilot project dalam penerepan program desa digital dan selanjutnya diikuti semua desa yang berada di Kecamatan Amen.
“Desa Sungai Gerong sendiri kita rencanakan tahun 2020 telah menerapkannya, tetapi karean covid-19 akhirnya ditunda terlebih dahulu,” jelasnya

Dengan penerapan desa digital snediri, diharapkan kedepan akan mempermudah seluruh desa dalam melakukan kepengurusan, baik itu kepengurusan yang ditunjukan kepada pemerintah Kabupaten, Kecamatan atau kepengurusan administrasi di masyarakat masing-masing Desa.
“Kita berharap tidak ada lagi kendala, sehingga di tahun 2021 ini semua desa di Kecmaatan Amen telah menjadi Desa digital,” harapnya.(614)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*