9.611 Kartu Petani Dibagikan

SERAHKAN:Bupati BS menyerahkan kartu petani kepada petani di BPP, Manna, Senin (2/3).

MANNA, Bengkulu Ekspress – Sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan petani, Bupati Bengkulu Selatan (BS) Gusnan Mulyadi SE MM, menyalurkan kartu bagi petani. Ada sebanyak 9.611 petani yangmendapatkan kartu ini.

Kartu ini bisa dimanfaatkan petani untuk mengambil pupuk di kios yang telah ditunjuk pemerintah.“Kartu petani yang dibagikan ini untuk 9.611 petani,” kata bupati saat menyerahkan kartu petani di Balai Penyuluh Pertanian (BPP), Manna, Senin (2/3).

Dikatakan Gusnan, kartu petani tersebut dapat dimanfaatkan bagi petani untuk mengambil pupuk di kios. Selain itu, bisa juga sebagai ATM. Bahkan kartu tersebut bisa digunakan petani untuk meminjam uang di bank, sebagai modal usaha.

“Kartu petani ini bisa jadi agunan pinjaman di Bank,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian BS Ir Silusteru MM didampingi Kabid Sarana dan Prasarana Edi Siswanto SP mengatakan, jumlah kartu petani di BS, sebanyak 24 ribu lembar. Hanya saja, baru dibagikan kemarin sebanyak 9.611 lembar. Sisanya diharapkan nanti bisa segera diterbitkan dan disalurkan ke petani.

Adapun kegunaan, yakni petani dapat menggunakannya untuk mengambil pupuk. Sebab dari kartu tersebut akan diketahui berapa jumlah pupuk jatah petani yang bersangkutan.“Dengan adanya kartu tersebut, maka penyaluran pupuk ke petani akan tepat sasaran,” ujarnya.

Kepala Bank Mandiri KCP Manna-Bengkulu. Efri Rahman menuturkan, kartu tani tersebut juga bisa digunakan untuk menabung. Sehingga setelah diserahkan ke petani, maka langsung diaktifkan. Setelah ada saldonya, petani bisa membayar pupuk melalui ATM.

“Untuk penyaluran kartu petani ini dilakukan mulai hari ini, Senin (2/3) hingga 19 Maret mendatang,” ujarnya. (369)