841 Ekor Hewan Dikurbankan

MUKOMUKO, BE –  Tingkat berkurban masyarakat di Kabupaten Mukomuko masih cukup tinggi saat perayaan Idul Adha tahun ini. Sebanyak 841 hewan dikurbankan oleh masyarakat se-Kabupaten Mukomuko  dengan rincian sebanyak 556 ekor Sapi, Kerbau 9 ekor dan Kambing 279.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, Drs Hamdani MPd mengatakan jia dihitung dari jumlah penduduk muslim hanya beberapa persen yang melakukan kurban. Dia menilai tingkat kesadaran berkurban masyarakat masih cukup tinggi.

” Berkurban disarankan bagi yang mampu. dan masyarakat Kabupaten Mukomuko tidak semuanya mampu,” katanya.

Menurutnyatradisi masyarakat di kabupaten ini sangat bagus dan perlu dipertahankan. Pasalnya, untuk melaksanakan kurban, warga melakukannya dengan cara menabung. Seperti sebulan sekali Rp 100 ribu atau lebih dikumpulkan  dimasing-masing mushola ataupun masjid yang ada diwilayah  warga sekitar.

Dia mengharapkan tradisi itu dapat dipertahankan dan kedepannya lebih baik lagi. “ Bagi warga yang belum berkurban diharapkan tahun depan bisa berkurban. Dan tingkat jumlah berkurban dapat lebih banyak lagi,” harap Hamdani. (900)