84 Warga Ikuti Magang ke Jepang

Bendera-Japan-Jepang
foto: ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Program magang ke Jepang yang diselenggarakan pemerintah pusat cukup diminati masyarakat. Khususnya di Kabupaten Kepahiang, sebanyak 84 orang mendaftarkan diri ke Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja untuk kerja magang ke Jepang 2019.

Kepala Dinas Perindustrian Tenaga Kerja Kepahiang, Yurnalis SE MM melalui Kabid Tenaga Kerja, Harmin Munandarsyah SE MM menjelaskan, semua pendaftar sudah menyerahkan berkas. Pihaknya tengah melakukan seleksi ketat kepada para peserta mulai dari administrasi hingga keahlian.

“Saat ini sudah ada 84 orang yang sudah mendaftar dan menyerahkan berkas untuk mengikuti program magang ke Jepang ini. Dimana mereka ini akan kita seleksi mulai dari seleksi administrasi hingga keahlian,” jelas Harmin.

Dikatakan Harmin, hanya saja sejauh ini pihaknya belum mengetahui secara pasti pelaksanaan tahapan seleksi para pendaftar tersebut, apakah dilaksanakan di kabupaten atau provinsi. “Seperti sebelum-sebelumnya kita hanya memfasilitasi pendaftaran, untuk tahapan seleksi itu dilakukan oleh provinsi akan tetapi baru-baru ini ada kabar jika seleksinya dilakukan kabupaten atau kota makanya kita akan cek kembali ke provinsi, terkait mekanisme perekrutan peserta magang ini, ” ujarnya.

Ditambahkan Harmin, bahwa jika tahapan seleksi dilakukan ditingkat kabupaten/kota dikhawatirkan ada tahapan seleksi yang bermasalah karena terkendala oleh minimnya dana. “Kalau seleksi administrasi mungkin kita bisa tidak menggunakan dana, akan tetapi kalau untuk seleksi kesehatan atau fisik tentu kita harus melibatkan pihak Satpol PP atau pihak TNI/Polri. Tes fisik itu tidak bisa dilakukan dalam satu hari, sedangkan kita anggarannya tidak ada tentu ini menjadi masalah serius yang dapat menjadi kendala kedepannya,” pungkas Harmin.(320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*