800 Rumah Krisis Air Bersih

YouTube video

IPA Talang Boseng Rusak

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress– Banjir bandang yang terjadi akhir bulan lalu membuat Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik PDAM Tirta Rafflesia Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang terdapat di Desa Talang Boseng, Kecamatan Pondok Kelapa rusak total. Akibatnya, 800 rumah warga pelanggan PDAM tak bisa menikmati air bersih.

“Sejak 1 minggu lalu, IPA kami yang ada di Talang Boseng tak bisa beroperasi. Dengan berat hati, penyaluran air bersih tak bisa dilakukan,” kata Direktur PDAM Tirta Rafflesia Kabupaten Benteng, Siti Yuningsih AZ SE MH, kemarin (9/5).

Dari hasil pantauan di lokasi, jelas Siti, sumber air sungai yang selama ini digunakan sebagai bahan baku air PDAM mengalami pergeseran lokasi. Banjir bandang beberapa waktu lalu telah mengubah aliran air sungai. “Sebelumnya, pipa sengaja kami pasang di lubuk aliran sungai. Pasca banjir bandang, lubuk tersebut tertutup lumpur,” tambah Siti.

Dalam kondisi seperti saat ini, PDAM terpaksa mengubah jaringan pipa ke sumber titik lain. Sayangnya, pemindahan jaringan membutuhkan biaya yang cukup besar. Terlebih lagi, tak hanya titik sumber air saja yang menghilang, tabung IPA di Talang Boseng juga mengalami kerusakan akibat dipenuhi lumpur.

“Hasil perhitungan sementara, kami membutuhkan biaya sekitar Rp 35 juta agar IPA di Desa Talang Boseng bisa kembali pulih seperti sedia kala,” beber Siti.

Siti berharap agar Pemerintah Daerah (Pemda) Benteng bisa memberikan suntikan dana tanggap darurat secepatnya. Sebab, pelayanan air bersih kepada masyarakat merupakan salah satu kebutuhan pokok.”Permasalahan pada jaringan PDAM merupakan konflik serius. Ini harus ditanggulangi secara cepat. Jika tidak, layanan air bersih tak akan bisa dilakukan seperti semula,” aku Siti.

Kerahkan 2 Mobil Tangki

Membantu mengurangi penderitaan masyarakat, PDAM Tirta Rafflesia berinisiatif untuk menyalurkan bantuan air bersih ke seluruh pelanggan yang terkena dampak. Diantaranya, pelanggan di Desa Talang Boseng, Talang Pauh, Bintang Selatan dan pelanggan di Desa Pasar Pedati.

“Kami telah menyiapkan 2 mobil untuk berbagi air bersih kepada pelanggan PDAM. 1 unit merupakan kendaraan milik PDAM dan 1 unit lagi merupakan bantuan pinjam pakai dari Kementerian PU Satuan Kerja (Satker) Padang. Mobil tangki sengaja didatangkan dari Padang demi membantu warga Benteng yang terkena bencana,” pungkas Siti.(135)