8 Tim Berlaga di Liga Santri Futsal

REWA/Bengkulu Ekspress
Sekretaris Dispora Provinsi Bengkulu, M Daud Abdullah saat menyampaikan kata sambutannya saat membuka Kejuaraan Liga Santri Futsal 2018 di lapangan Futsal Dehasen Bengkulu, kemarin (17/12).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Sebanyak 8 tim utusan pondok pesantren kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu berlaga di Liga Santri Futsal yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu.  Kegiatan tersebut digelar mulai 16 Desember hingga 18 Desember 2018 di Lapangan Futsal Universitas Dehasen, Kota Bengkulu.

Liga Santri ini digelar dengan tujuan untuk menjaring para atlet futsal berprestasi dari kalangan pesantren untuk mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Pesantren Nasional (Pospenas) ke Bangka Belitung 2019 mendatang. Kepala Dispora Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi MPd melalui Sekretaris, M Daud Abdullah mengatakan, kejuaraan Liga Santri Futsal 2018 ini digelar dalam rangka HUT Provinsi Bengkulu ke-50. Selain itu, Liga Santri Futsal ini juga merupakan ajang untuk menyeleksi atlet potensial untuk pembinaan lebih lanjut.

“Ini juga untuk memotivasi sekolah, khususnya pesantren kabupaten/kota agar meningkatkan pembinaan prestasi atlet futsal daerah, provinsi maupun nasional,” kata Daud, kemarin (17/12).

Ia menjelaskan, sebanyak 8 tim futsal yang mengikuti kejuaraan ini telah mendapat rekomendasi dari Dispora daerahnya masing-masing.  Meski mendapatkan rekomendasi, namun dua kabupaten di Bengkulu tidak bisa menurunkan timnya yaitu Lebong dan Kaur. Hal ini disebabkan murid pesantren di dua kabupaten tersebut sudah libur sekolah dan pulang kampung.

“Ada 2 tim yang tidak mengikuti kejuaraan Liga Santri ini yaitu Lebong dan Kaur karena muridnya sudah pulang kampung,” tutur Daud.

Diketahui, juara I, II, dan III kejuaraan ini akan mendapatkan uang pembinaan beserta piala tetap. Selain itu, pada kejuaraan ini juga akan ada peringkat IV serta penghargaan untuk top score dan pemain terbaik.

Sementara itu, Ketua Liga Santri Provinsi Bengkulu, Suroto mengatakan, kejuaraan liga santri ini tidak hanya memberikan motivasi kepada para peserta untuk menyalurkan bakatnya pada turnamen futsal, tetapi memberikan permainan terbaiknya pada olahraga ini sehingga diharapkan bisa menjadi atlet yang siap berlaga pada kejuaraan nasional dan Internasional. “Saya berharap pada kejuaraan ini bakal kita dapatkan beberapa atlet berprestasi dan siap mengharumkan nama Bengkulu nantinya,” tutupnya.(999)