8 Siswa Tak Ikut UN

ARGA MAKMUR, BE – Dalam pelaksaan ujian nasional (UN) pada hari pertama kemarin, 8 orang siswa dari 2.486 siswa yang terdaftar sebagai peserta, tidak ikut ujian. 8 siswa yang tidak ikut ujian tersebut dikarenakan 1 orang sedang sakit yang berasal dari SMA 2 Kerkap. Sedangkan 7 lainya karena telah mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Tujuh siswa yang sudah mengundurkan diri tersebut berasal dari SMA Giri Mulya, Putri Hijau, Napal Putih, dan PGRI. Para siswa yang mengundurkan diri sudah tidak ikut ujian sejak pelaksanaan ujian praktek beberapa waktu lalu. “Alasannya beragam dari delapan siswa yang tidak mengikuti UN pada hari pertama,” kata Kadis Dikbud BU, Haryadi SPd MM melalui Kabid Dikmen, Helmy SPd MPd.

Peserta ujian nasional terbanyak berasal dari kecamatan kota Arga Makmur yang mencapai hampir 45%. Diknas Bengkulu Utara akan menindaklanjuti hasil laporan peserta ujian yang tidak hadir dan akan diberikan undangan untuk melaksanakan ujian susulan yang akan dijadwalkan oleh Diknas Bengkulu Utara. Selama ujian berlangsung, Diknas Bengkulu Utara akan memantau jalannya pelaksanaan ujian nasional termasuk peserta yang tidak hadir mengikuti ujian nasional setiap harinya. “Pendataan akan terus dilakukan untuk mengetahui peserta yang tidak hadir dalam ujian nasional di sekolah berdasarkan laporan dari sekolah penyelenggara,” terangnya.

Tingkat Kelulusan Meningkat
Sementara itu, terkait pelaksanaan ujian nasional yang berlangsung, Wakil Bupati BU, Ir Mian mengharapkan tingkat kelulusan siswa tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Terlebih dalam beberapa waktu sebelumnya, sejumlah persiapan maksimal sudah dilakukan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Nasional Bengkulu Utara untuk mencapai target kelulusan yang ditetapkan. Kesiapan para murid yang menjadi peserta ujian dari orang tua siswa juga turut serta dalam membantu dalam kesiapan ujian nasional. “Merupakan hal yang sangat diharapkan jika tahun ini, tingkat kelulusan di Bengkulu Utara bisa menjadi yang terbaik untuk tingkat provinsi,” kata Wabup. (212)