8 Rahasia Agar Panjang Umur

obat panjang umur
Foto : IST

KEBANYAKAN orang ingin hidup lebih lama. Tetapi, kehidupan panjang dengan vitalitas dan kesehatan yang baik sangat berharga. Berapa lama Anda hidup tidak hanya bergantung pada diet, olahraga dan genetika Anda.
Penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor lain memengaruhi umur panjang dan vitalitas.
Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk hidup panjang umur penuh energi dan sukacita, seperti dilansir laman Care2, Rabu (20/6).

1. Bangun hubungan yang berkualitas
Menurut penelitian delapan dekade yang dilakukan oleh para peneliti Harvard, orang-orang dengan koneksi sosial yang baik lebih sehat, lebih bahagia dan hidup lebih lama.

2. Jadilah teliti
Jangan biarkan siapa pun membuat Anda merasa buruk karena Anda memiliki sifat berhati-hati dan tertarik pada detail. Sifat ini bisa membantu Anda hidup lebih lama.

3. Tertawa dan tersenyum lagi
Ingatlah untuk tertawa riang setiap hari untuk hidup sehat. Tertawa atau tersenyum tidak hanya meningkatkan energi dan mengurangi stres.

4. Makan makanan yang tidak diolah
Makanan yang tidak diolah seperti sayuran, kacang, buah dan lemak sehat seperti minyak zaitun dapat membantu Anda hidup lebih lama. Tambahkan tujuh makanan ini ke dalam diet Anda untuk memperpanjang umur Anda dan menjaga kesehatan jantung Anda.

5. Tentukan tujuan harian Anda
Memiliki sesuatu untuk diharapkan setiap hari akan membuat Anda termotivasi dan hidup yang memiliki tujuan bisa mengurangi kemungkinan depresi. Cobalah untuk merencanakan apa yang akan Anda lakukan pada hari berikutnya sebelum tidur.

6. Berjalan setiap hari
Melakukan jalan kaki setiap hari bisa membantu Anda menurunkan berat badan, mengurangi stres, memperkuat tulang dan meningkatkan kesehatan jantung.
Berjalan adalah kegiatan sehari-hari di wilayah tempat orang-orang hidup lebih lama. Latihan ringan lainnya seperti tai chi, yoga, dan peregangan juga bisa membuat Anda awet muda.

7. Meditasi setiap hari
Anda tidak melakukan kebaikan apapun dengan menunda meditasi. Bermeditasi selama beberapa menit setiap hari bisa mengurangi stres, meningkatkan energi dan memperpanjang umur panjang.
Penelitian menunjukkan bahwa meditasi bisa membantu menjaga sel-sel Anda tetap muda karena memperpanjang telomere. Meditasi bahkan bisa mengubah gen Anda.

8. Puasa setidaknya sebulan sekali
Apakah pikiran puasa membuat Anda merasa lapar? Kebenarannya, puasa tidak memicu rasa lapar loh. Anda mungkin merasa lapar untuk beberapa jam pertama, tetapi rasa lapar itu akan segera hilang. Studi telah menghubungkan pembatasan puasa atau kalori dengan penuaan yang sehat.(jp)