79,77 Persen Penduduk Terdaftar BPJS Kesehatan

Jefryy/BE- Pemaparan BPJS dihadapan Wakil Bupati Seluma kemarin.

TAIS, Bengkulu Ekspress – Dari jumlah seluruh penduduk Kabupaten Seluma, sebanyak 211.616 jiwa, sudah terdaftar dalam BPJS Kesehatan sebanyak 168.816 jiwa, atau sekitar 79,77 persen. Adapun warga yang belum memiliki BPJS Kesehatan sejauh ini sebanyak 42.800 jiwa atau dengan persentaae 20,2 persen.

Disampaikan dr. Adian Fitria Kepala Cabang BPJS Bengkulu kepada BE, jumlah tersebut terbagi atas beberapa segmen, diantaranya PBI APBN 89.000 jiwa, Mandiri 41.000 jiwa, Pekerja Penerima upah 24.000 jiwa, dan PBI APBD 11.500 jiwa.

“Sementara ini yang terbanyak itu masih di PBI APBN sekitar 89 ribu dan PBI APBD sementara ini mencapai 11.500 jiwa,” ungkap Adian Fitria.

Kedepannya guna untuk meningkatkan jumlah tersebut, BPJS bekerjasama dengan pemangku kepentingan, untuk dapat mendaftarkan tenaga kontrak, yang ada disetiap OPD hingga desa.  “Jadi kita coba bekerja sama dengan setiap OPD, guna untuk meningkatkan kepesertaan BPJS,” tambahnya.

Wakil Bupati Seluma Suparto mengatakan, Pemkab mencoba untuk memberikan dan mendaftarkan para tenaga kerja kontrak, yang adadisetiap OPD untuk didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan. “Kita akan minta kepada seluruh OPD, hingga Kecamatan untuk dapat mendaftarkan setiap tenaga kontrak sebagai peserta BPJS Kesehatan,” sampainya.

Sementara itu, dirinya juga meminta setiap Puskemas dan juga RSUD Tais untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien, terutama bagi peserta BPJS yang ada di Kabupaten Seluma. “Jadi pelayanan serta fasilitas juga harus ditingkatkan, jangan sampai nanti peserta BPJS Kesehatan meningkat, tapi pelayanan malah menurun,” demikian Suparto.(333)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*