75 Persen Sekdes Belum PNS

KEPAHIANG, BE – Mayoritas Sekretaris Desa (Sekdes) di Kepahiang berstatus non PNS. Para Sekdes pun diminta untuk lebih bersabar menanti kepastian pengangkatan statusnya menjadi PNS.

“Saat ini dari data yang kita miliki, baru sekitar 25 persen saja Sekdes yang sudah berstatus sebagai PNS dari total 105 desa saat ini,” ujar Kabag Pemerintahan Setda Kepahiang Syamsul Yahemi SH kepada BE kemarin.

Pihaknya sudah mengusulkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) terkait status Sekdes yang belum diangkat jadi PNS ini. Sejauh ini pihaknya masih menunggu konfirmasi lanjutan dari pihak BKD.

“Sesuai dengan pertemuan kita di Jakarta beberapa saat yang lalu jabatan Sekdes memang harusnya dijabat oleh seorang PNS,” katanya.
Dngan kondisi banyaknya Sekdes yang belum PNS di Kepahiang saat ini, pihaknya terus memberikan pemahaman kepada para Sekdes seputar pemerintahan. Upaya ini dilakukan agar program pemerintah daerah bisa sejalan dengan pemerintah desa.

“Dengan rencana akan diterapkan ADD di Kepahiang saat ini tentunya kita sangat mengharapkan peran aktif dari para Sekdes. Dan salah satu upaya yang kita lakukan kepada para sekdes yakni memberikan pemahaman mengenai pemerintahan kepada para Sekdes,” jelasnya.(505)