74 Desa Pilkades 2019

Siswanto S Sos MSi
Siswanto S Sos MSi

KOTA MANNA, Bengkuulu Ekspress – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan (BS), Siswanto S Sos MSi mengatakan, pada tahun ini tidak akan digelar pemilihan Kepala desa (pilkades). Namun Pilkades baru akan digelar 2019 mendatang. Pada tahun 2019, ada puluhan desa yang akan menggelar Pilkades secara serentak,” Pilkades serentak akan digelar 2019 diperkirakan ada 74 desa,” katanya.

Siswanto mengatakan, kades yang masa kerjanya berakhir tahun ini, maka jabatan kades akan diisi oleh penjabat kades. Seperti dalam waktu dekat ini, ada 3 desa yang jabatan kadesnya diisi oleh penjabat yakni Desa Talang Tinggi, Ulu Manna, penjabat kadesnya sudah ditunjuk Junaidi yang merupakan ASN di Puskesmas Lubuk Tapi, Penjabat Kades Sebilo, Pino ditunjuk Supratman yang merupakan ASN di kantor Camat Pino dan penjabat Kades Padang Lebar, Pino ditunjuk Zulkan yang merupakan ASN di kantor Camat Pino.



Sedangkan desa-desa lain yang masih dalam proses pengajuan SK penjabat kades yakni Desa Sukaraya, Bandar Agung, Dusun Tengah, Gelumbang, Limus, Keban Agung 3, Batu Kuning Kecamatan Pasar Manna, Nanjungan, kemang Manis dan Paagr Gading Kecamatan Pino Raya.

“ Tugas para penjabat kades ini melanjutkan pemerintahan hingga digelarnya Pilkades pada 2019 mendatang,” ujarnya.

Siswanto menjelaskan, sebagaimana ketentuan Permendagri nomor 65 tahun 2017 tentang Pilkades. Pada pasal 4 dijelaskan bahwa Pilkades secara serentak dilakukan bergelombang paling banyak 3 kali dalam jangka waktu 6 tahun. Adapun BS selama ini baru dua kali menggelar pilkades serentak yakni tahun 2015 dan 2017 lalu.  Saat ini masih fokus untuk persiapan Pileg dan Pilres setelah itu digelar Pilkades,” terang Siswanto. (369)