726 Induk Sapi Melahirkan

sapi
foto: ist

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Tahun 2018 ini, Kabupaten Mukomuko ditargetkan pemerintah pusat sebanyak 726 induk sapi melahirkan. Target nasional itu, optimis tercapai. Ini dibuktikan sebanyak 486 ekor sapi induk telah melahirkan atau 67 persen dari target yang ditetapkan.

”Target nasional 726, yang baru tercapai hingga saat ini (kemarin), sebanyak 486 ekor sapi,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Arif Isnawan melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Warsiman.

Untuk mencapai target tersebut petugas di lapngan terus bekerja maksimal. Ia juga menyampaikan, petugas di lapangan terus memaksimalkan melalui kegiatan inseminasi buatan atau kawin suntik dan kawin alam. “Sejak beberapa bulan terakhir, petugas di lapangan melaksanakan dua program inseminasi buatan dan program khusus induk sapi wajib bunting,”bebernya.

Realisasi program inseminasi buatan di daerah itu mencapai 117 persen atau melebihi dari target sebanyak 1.526 ekor sapi dan realisasi program khusus induk sapi wajib bunting sebesar 237 persen atau melebihi dari target sebanyak 2.162 ekor induk sapi.



“Jika realisasi dua program ini telah melebihi dari target yang ditetapkan, kemungkinan besar pula jumlah induk sapi milik warga yang lahir di daerah ini bakal tercapai,”katanya.

Untuk mengetahui lebih lanjut realisasi program tersebut, pihaknya masih menunggu laporan dari seluruh pemilik sapi di daerah itu melalui petugas peternakan yang ada di kecamatan.

”Kita masih menunggu laporannya dari pemilik sapi ke petugas kecamatan, selanjutnya disampaikan ke kabupaten. Kita optimis target bakal tercapai dan akan di laporkan ke pemerintah pusat melalui provinsi,”lanjut Warsiman.(900)