72 ASN Dilapor ke Menpan

IRUL/Bengkulu EkspressAPEL: Sekda Kaur saat menggelar apel gabungan di halaman Kantor Bupati Kaur, pasca liburan hari raya Idul Fitri, Senin (10/6).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur pada hari pertama masuk kerja pasca libur hari Raya Idul fitri 1440 H pada Senin kemarin (10/6) cukup tinggi. Dari 3.160 ASN Kaur, yang mengikuti apel gabungan di halaman kantor bupati hampir 95 persen.

“Ini sebagai contoh yang baik dan perkembangan yang baik bagi penegakan disiplin pegawai di Kaur. Sejak awal kita selalu gencarkan dan apel pagi ini hampir 95 persen pegawai kita sudah masuk kecuali mereka yang sedang cuti,” kata Sekda Kaur, H Nandar Munadi SSos MSi, saat menggelar apel gabungan pasca hari raya Idul Fitri, kemarin (10/6).

Dikatakan Sekda, pada hari pertama masuk kerja ini memang pihaknya tidak melakukan Sidak ke beberapa OPD, melainkan langsung mengumpulkan semua para ASN di depan kantor halaman bupati. Hal ini bertujuan untuk meninjau langsung kedisiplinan pegawai di daerah ini dalam melaksanakan aktivitas pekerjaan setelah cuti bersama Idul Fitri. Untuk para ASN yang menambah libur kerja tanpa alasan jelas, tentunya akan mendapatkan sanksi disiplin. Dimana BKD PSDM Kaur mencatat dari 130 ASN yang tidak hadir kemarin, yang tanpa keterangan sebanyak 72 orang. Sisanya, izin 25 orang, cuti 19 orang, sakit 8 orang, DL 4 orang dan tugas belajar 2 orang. Sesuai pasal 3 angka 17 Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang displin pegawai negeri sipil. Dimana penjatuhan sanksi nantinya akan dilaporkan langsung ke Menteri PAN-RB paling lambat 10 Juli.

“Pada hari hari pertama ini memang ada beberapa pegawi yang belum ngantor, dan nanti untuk ASN yang bolos akan kita beri sanksi berupa penundaan pangkat dan kita juga laporkan Menpan paling lambat pukul 15.00 hari ini (kemarin),” terangnya.

Ditambahkan Sekda, ia juga mengingatkan agar ASN di seluruh Kabupaten Kaur segera kembali meningkatkan motivasi kerja pasca libur panjang dan juga kualitas layanan pada masyarakat. Sebab dengan semangat Idul Fitri, kinerja juga harus diperbaiki. Juga para ASN harus bekerjalah dengan hati dan tidak hanya karena melaksanakan kewajiban, buatlah masyarakat lebih senang dengan kinerja pegawai, layani dengan baik, dan buat mereka bangga dengan Kabupaten Kaur.“Saya berharap setelah suci ini jangan sampai kita membuat kotoran lagi. Setelah bersih tentu akan menjadi motivasi dalam peningkatan kinerja dalam memberi pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Dalam apel gabungan yang digelar sekitar pukul 07.30 WIB Senin (10/6), usai apel dilanjutkan dengan jabat tangan antara Sekda, para pejabat dilingkungan Pemerintah kabupaten Kaur. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menjalin tali silaturahim antara seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kaur. (618)