710 Anak Terima Program KIP, Rp 500 Ribu Sampai Rp 1 Juta

peraturanARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Tahun 2017 ini, Kabupaten Bengkulu Utara (BU) mendapatkan 710 Kartu Indonesia Pintar (KIP). Bantuan ini, akan segera disalurkan kepada warga miskin yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.

‘’Kita tadi (kemarin, red) sudah rapatkan kembali mengenai penerima program KIP. Agar nanti warga yang kurang mampu dapat terdata dan memiliki KIP ini,’’ ujar Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Bengkulu Uutara Margono SPd kepada Bengkulu Ekspress ditemui, kemarin (30/5).

Ia menambahkan dalam pendataan peserta KIP pihaknya akan turun menjemput bola ke setiap desa. Sehingga anak yang mendapatkan bantuan program KIP benar-benar berasal dari warga yang kurang mampu.

‘’Untuk pendataannya, kita akan turun langsung ke setiap desa. Agar kita mengetahu secara jelas setiap anak yang mendapatkan bantuan KIP ini,’’ ungkapnya.

Ia juga menyampaikan program KIP tak hanya untuk anak yang bersekolah secara formal, namun bagi anak yang tidak mampu dan sekolah non formal juga turut mendapatkannya. ‘’Melalui SKB kita juga akan data seluruh anak-anak yang sekolah non formal untuk mendapatkan program KIP tersebut,’’ terangnya.

Ia melanjutkan untuk setiap anak yang mendapatkan bantuan program KIP akan mendapatkan uang Rp 500 ribu hingga 1 juta per tahun. Tujuannya untuk membelikan kelengkapan sekolah. Mulai dari buku dan alat tulis serta kebutuhan lainnya.

‘’Untuk SD menerima Rp 500 ribu, SMP Rp 750 ribu dan SMA Rp 1 juta per tahun. Sehingga tidak ada lagi anak yang putus sekolah lantaran tidak memiliki biaya,’’ tuturnya.
Sedangkan untuk pencairannya, setiap anak harus terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Kemudian dari pusat dapat melakukan pengecekan. Ini untuk meminimalisir kemungkinan penyalahgunaan bantuan yang diberikan.

‘’Sebelum anak itu mendaftar ke sekolah dan masuk dalam Dapodik, maka bantuan tidak akan dapat dibayarkan,’’ pungkasnya.(816)