704 Pengawas UN Disiapkan

 ujian-nasionalBINTUHAN, BE- 704 pengawas ruangan disiapkan untuk mengawasi  pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Jumlah pengawas  untuk melakukan pengawasan  dari SD hingga SMA. Pengawas  berasal pengawas satuan untuk satu sekolah masing-masing. Sedangkan jumlah ruangan yang disiapkan yakni sebanyak 275 ruangan UN mulai dari SD hingga SMA. Jumlah ruangan ini disesuaikan dengan jumlah siswa peserta UN. Untuk sementara ini ruangan dan pengawas sudah dalam pendataan Dispenbud Kaur.

“Setiap ruangan ada dua pengawas, kemudian setiap ruangan peserta UN berjumlah 20 siswa. Tapi itu masih dalam pendataan karena saat ini kita masih dalam tahap persiapan, pendataan, dan rekrutmen,” ujar Kadispenbud Kaur M Daud Abdullah SPd melalui Kasi Kesiswaan Dikmen Agus Imran SPd didampingi Kasi Kesiswaan Dikdas Upik Hasnawati SPd I, kemarin.

Menurut Agus, pengawas sebanyak 704 itu dibagi tiga bagian untuk tingkat SD sebanyak 220 pengawas, untuk tingkat SMP sebanyak 176 dan SMA sebanyak 154 pengawas. Sedangkan ruangan sebanyak 275 juga dibagi tiga juga yakni untuk SD sebanyak 110 ruangan, SMP sebanyak 88 ruangan dan tingkat SMA 77 ruangan. Selanjutnya sesuai hasil pendataan itu semuanya sudah disiapkan dengan baik.

“Para pengawas khusus SMA nantinya ini akan diangkat berdasarkan SK universitas yang ditunjuk oleh Kabupaten. Namun siapa guru yang akan ditunjuk menjadi tim pengawas tentunya melalui proses rekrutmen untuk pengawas, saat ini masih dalam pendataan,” jelasnya.

Disisi lain, Kasi Dikdas Upik Hasnawai Spd I menambahkan untuk pengawas UN tingkat SD ini nantinya akan ditentukan oleh Dispenbud sendiri, sedangkan tingkat SMP nantinya akan diusulkan sama dengan SMA melalui SK universitas. Namun pengawas UN SD dan SMP sistemnya melalui subrayon yang ditunjuk.

“Nantinya pengawas UN yang ditunjuk mekanisme tetap sama seperti tahun lalu yakni pengawasan silang, karena hal ini bertujuan menghindari  yang tidak dinginkan,” jelasnya,
Berdasarkan data, peserta UN di kaur tercatat 5221 siswa dari berbagai tingkatan. Jumlah peserta UN untuk tingkat SMA/MA  1267 peserta sedangkan tingkat SD sebanyak 2195 siswa dari 136 SD/MI kemudian juga ditambah 3 siswa peserta dari SDLB. Sedangkan untuk SMP sebanyak 1759 siswa dari 38 sekolah SMP/MTS.

  “Makanya untuk menghitung jumlah ruangan dan pengawas harus melihat data jumlah siswa peserta UN, setiap ruangan akan diisi oleh 20 siswa, kemudian setiap ruangan akan diisi oleh dua pengwas,” jelasnya.(823)