7000 Ha Lahan Siap Ditanam Jagung

nanam jagung
IST/Bengkulu Ekspress
TANAM: Petani jagung Bengkulu Selatan saat menanam jagung beberapa waktu lalu di lahannya.

KOTA MANNA BENGKULU SELATAN, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan (BS), Sukarni SP MM mengatakan, saat ini geliat warga untuk bertani jagung sudah mulai nampak. Pasalnya, saat ini sudah ribuan lahan warga yang siap ditanami.

“Untuk saat ini ada 7000 hektar lahan jagung yang sudah siap tanam,” katanya.

Sukarni mengatakan, ke-7 ribu hektar lahan tersebut tersebar di wilayah Bengkulu Selatan. Hanya saja, saat ini masih menunggu bibit. Sedangkan bibit jagung sedang proses pengadaan. Setelah bibit ada, lahan tersebut dapat segera ditanami.“ Saat ini masih proses pengadaan untuk bantuan bibit jagung, insya allah bulan depan bibit sudah ada,” ujarnya.

Sukarni menambahkan, tahun 2018 ini, pihaknya menargetkan 18 ribu hektar kebun jagung di Bengkulu Selatan. Adapun sebelumnya 1000 hektar lahan jagung sudah selesai ditanam. Kemudian 10 ribu hektar lagi saat ini sedang pendataan. Dirinya optimis target 18 ribu hektar tersebut tercapai pada tahun ini.“ Insya Allah target 18 ribu hektar lahan jagung tercapai,” imbuhnya.

Sukarni menjelaskan, agar harga jual jagung tidak turun saat panen, pihaknya saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan perusahaan Nasional dengan menggandeng PBNU. Sehingga saat panen, hasil jagung dapat ditampung di perusahaan tersebut. Dengan begitu harga jualnya diharapkan dapat selalu stabil.

“Untuk harga jual, kami terus berusaha bekerja sama dengan perusahaan besar, sehingga nanti harganya tetap tinggi pada saat panen dan petani tidak merugi,” demikian Sukarni. (369)