700 Kartu Tangkap Benur Siap Dibagikan ke Nelayan Kaur

MAJE, bengkuluekspress.com – Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah, hari ini, Senin (21/9) akan menyerahkan 700 lembar kartu khusus untuk penangkapan baby lobster (BBL). Kartu khusus dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu dipastikan menjadi keharusan sebagai nelayan yang ingin menangkap BBL, sehingga nantinya diharapkan memberikan rasa aman kepada para nelayan saat mencari BBL.

“Ya ada 700 kartu tangkap benur dibagikan, dan pembagian besok (hari ini, red) oleh Gubernur Bengkulu,” kata Kabid Pemberdayaan Nelayan dan Budidaya Dinas Perikanan Kaur, Miti Suryani SPi MSi, Minggu (20/9).

Dikatakan Miti, kartu tangkap BBL itu akan dibagikan langsung oleh Gubernur Bengkulu di pelabuhan Linau Kecamatan Maje. Pihaknya berharap nanti bila masih ada nelayan yang berprofesi sebagai penangkap benur dapat secepatnya mengajukan izin melalui koperasi atau kelompok ke pihaknya untuk dikirim ke KKP kemudian diterbitkan sebagai legalitas nelayan yang bersangkutan.

“Jadi untuk penangkapan benur ini, selain pembeli wajib mengantongi izin juga penangkapnya diwajibkan pula mengantongi kartu tangkap BBL,” imbuhnya

Ditambahkannya, saat ini masih ada lebih dari 300 nelayan lagi yang belum diterbitkan kartu tangkap BBL, hal ini lantaran masih dalam proses dan juga ada sebagian data yang belum lengkap. Pihaknya optimis dalam beberapa pekan kedepan sejumlah nelayan penangkap benur sudah mengantongi izin sehingga dapat pula mulai beroprasi menangkap benur dan menjualnya secara legal.

“Nah kalau izin sudah ada nelayan sudah lengkap tidak ada lagi keraguan natinya, tinggal kita hitung berapa pengiriman dari Kaur tiap minggu atau bulannya,” tandasnya. (irul)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*