7 Rumah Hanyut, Ratusan Terendam

DSCF1527LEBONG UTARA,BE – Hujan deras yang melanda Kabupaten Lebong sejak pukul 16.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB kembali menyebabkan bencana. Ratusan rumah di tiga Kecamatan yakni Desa Nangai Amen, Desa Kampung Terendam, Desa kampung Muara aman, Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara, Desa Embong Panjang, Desa suka Bumi Kecamatan lebong tengah dan Desa Limau Pit kecamatan lebong Sakti terendam banjir.
Selain merendam banjir, sebanyak tujuh rumah di bantaran Sungai Amen Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara hanyut terbawa banjir. Adapun ketujuh rumah tersebut yakni rumah Imam Desa Talang Ulu yakni Hamid (52), rumah Bakir (50), rumah Ruslan (55), rumah Karnedi (33), rumah Arafik (40), rumah Marwan (45), dan rumah Jalani (55) hanyut terbawa derasnya arus sungai amen di Desa Talang Ulu.
Berdasarkan data terhimpun, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 WIB saat hujan deras air sungai Amen tiba-tiba deras dan meluap. Pemilik rumah yang sudah ada firasat air tersebut bakal menghantam rumah mereka mulai mengungsikan seluruh barang-barang yang dapat diselamatkan. Namun, saat warga menyelamatkan barang-barang yang berada dirumah tersebut, arus air semakin deras dan sekitar pukul 18.15 WIB arus sungai yang semakin deras tersebut menghanyutkan ke tujuh rumah yang berada di bantaran sungai Amen tersebut.
“Air itu mulai naik sekitar jam setengah enam, nah kami bersama warga lainnya mulai mengungsikan barang-barang yang ada di rumah yang memang rawan tersebut. Tapi sekitar jam 18.15 WIB atau sesudah magrib air tambah besar dan menghanyutkan rumah tersebut dan ada beberapa barang yang tidak sempat kami selamatkan,” jelas banding (36) salah satu warga Desa Talang Ulu.
Selain menghanyutkan tujuh rumah, banjir tersebut juga menghanyutkan sekitar 1/4 lahan sawah milik warga di Desa Talang Ulu tersebut. Berdasarkan pantauan di lapangan, sekitar pukul 22.45 WIB, Bupati lebong H Rosjonsyah SIP MSi bersama Kapolres Lebong AKBP Roh Hadi SIk dan beberapa Kepala SKPD langsung turun ke lapangan untuk melihat secara langsung kondisi warga yang terkena bencana tersebut.
Selain itu, di lokasi juga telah dipasang tenda dari PMI dan BPBD Kabupaten lebong untuk posko bencana dan tempat pengungsian bagi korban bencana tersebut.(777)