7 Instansi Masih Buka Pendaftaran CPNS

DOK/BE
Para pelamar menyerahkan berkas pendaftaran CPNS ke BKPSDM Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) beberapa waktu lalu.

JAKARTA, bengkuluekspress.com – Pendaftaran seleksi CPNS 2019 pada sejumlah instansi pusat maupun daerah telah berakhir. Namun masih ada 7 dari total 522 Instansi Pusat maupun Daerah yang masih membuka pendaftaran seleksi CPNS 2019 di portal sscn.bkn.go.id.

“Batas akhir pendaftaran Instansi tersebut beragam dengan jadwal penutupan pendaftaran paling akhir 7 Desember 2019 pukul 16:00 WIB,” ungkap Plt Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan di Jakarta, Senin (2/12).

Adapun instansi yang masih membuka pendaftaran CPNS tersebut, diantaranya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perdagangan, Badan Pendidikan dan Kebudayaan DIKTI, hingga Kementerian Riset dan Teknologi (lihat grafis).

Sementara, BKN sendiri pada seleksi CPNS 2019 membuka 180 formasi yang terdiri dari 18 formasi Lulusan Terbaik, 2 formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat, 4 formasi Disabilitas, dan 156 formasi umum.

Formasi tersebut akan menempati 19 jabatan di lingkungan BKN Pusat, Kantor Regional, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN seluruh Indonesia, di antaranya Analis Perencanaan, Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran, Analis Publikasi, Analis Protokol, Analis Hukum, Analis Jabatan, Analis Kinerja, Analis Sumber Daya Manusia Aparatur, Pranata Laporan Keuangan, Analis Data dan Informasi, Pengelola Barang Milik Negara, Teknisi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana, Pranata Kearsipan, Ahli Pertama-Arsiparis, Ahli Pertama-Analis Kepegawaian, Ahli Pertama-Auditor Kepegawaian, Ahli Pertama-Assessor SDM Aparatur, Ahli Pertama-Pranata Komputer, dan Ahli Pertama-Pengelola Pengadaan Barang/Jasa.

Pendaftaran seleksi CPNS 2019 untuk pelamar formasi BKN telah ditutup pada 30 November pukul 23:59 WIB. Sebanyak 3.705 pelamar tercatat telah melakukan submit pendaftaran untuk memperebutkan 180 formasi. Sampai dengan 2 Desember pukul 16.00 WIB, tercatat 1.881 pelamar sudah selesai diverifikasi.

“Pengumuman hasil Seleksi Administrasi untuk pelamar CPNS BKN akan dilakukan pada 16 Desember,” ujarnya Ridwan mengimbau kepada seluruh instansi pusat dan daerah yang membuka formasi CPNS 2019 untuk memberikan informasi terkini secara berkala mengenai detil jumlah pelamar pascapenutupan pendaftaran beserta kemajuan proses verifikasi yang dilakukan.
Hal ini dilakukan salah satunya sebagai bentuk transparansi instansi pada pelaksanaan seleksi CPNS 2019.

Tiga Dokter Spesialis Nihil Pelamar

Sementara itu, 4 formasi dokter spesialis pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Benteng tak semuanya terisi. Hanya dokter spesialis anastesi yang memiliki pelamar. Sedangkan, 3 (tiga) formasi lainnya kosong tanpa peminat. Yaitu, dokter spesialis anak, dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan serta dokter spesialis ilmu penyakit telinga, hidung dan tenggorongan (THT).

“Dari 4 formasi dokter spesialis, hanya 1 formasi yang memiliki pelamar,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Benteng, Apileslipi SKom MSi, kemarin (2/12).

Dengan adanya formasi yang kosong, terang Lipi, dipastikan bahwa 132 formasi yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) tak terisi penuh. “Formasi yang kosong tak bisa dialihkan atau digunakan untuk menambah jumlah formasi lainnya,” tegas Lipi.

Ditanya mengenai hasil pemeriksaan berkas pelamar, lanjutnya, hal itu masih dirahasiakan. BKPSDM saat ini masih dalam proses pemeriksaan terhadap kelengkapan berkas sebanyak 6.535 orang yang telah mengirimkan berkas persyaratan.

Selain itu, Lipi mengaku belum mengetahui secara pasti mengenai jadwal selanjutnya. Yaitu, pengumuman peserta yang dianggap memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS). “Berkas masih dalam pemeriksaan dan belum tuntas,” tandasnya.(135/esy)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*