7 Fraksi Sepakat Bundra Dilantik

Plt-Bupati-Bundra-Jaya-di-Masjid-Baitul-Falihiin-TaisTAIS, BE – Plt Bupati Seluma Bundra Jaya selangkah lagi menjadi bupati definitif. Ini setelah rapat tertutup unsur pimpinan dan 7 fraksi di DPRD Seluma, kemarin (9/1), sepakat memutuskan menggelar sidang paripurna penjadwalan pelantikan Bundra. Keputusan diambil setelah dilakukan lobi-lobi antar fraksi yang digelar di ruangan Fraksi PAN di gedung DPRD Seluma. Meliputi fraksi PKPI, Golkar, PAN, Demokrat, PNBKI, Manunggal, dan PBKI.
Tidak ada penolakan atas rencana menjadwalkan pelantikan Bundra. Perdebatan alot hanya terjadi di seputar waktu sidang paripurna. Ada yang mengusulkan sidang paripurna digelar Jum’at (11/1). Gejolak maupun aksi massa untuk menggagalkan rapat tersebut seperti yang dikhawatirkan banyak kalangan juga tidak terjadi. Kepolisian terlihat menjaga ketat selama proses rapat berlangsung.
“Hasil dari rapat tertutup tadi disepakati jika besok (hari ini) kita akan melakukan sidang paripurna. Agenda nantinya untuk mengusulkan tanggal pelantikannya,” terang Ketua DPRD Seluma Drs Zaryana Rait kepada BE, kemarin usai rapat.
Setelah disepakati tanggal dan hari pelantikan Bundra, kata politisi PKPI ini, keputusannya akan disampaikan ke Gubernur Bengkulu untuk disetujui Mendagri.”Kapan waktu pelantikannya kita berharap secepatnya agar pembangunan tidak lama terganggu,” tuturnya.
Menurutnya, DPRD Seluma tidak akan menahan dan mengabaikan surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.17/7162/OTODA tertanggal 14 Desember 2012 tentang Pemberhentian Tetap Bupati Seluma.
“Kita sangat yakin jika pemerintah pusat akan menyetujui hasil paripurna kita besok (hari ini). Dengan begitu kita akan memiliki bupati baru,” katanya.

Kawal Paripurna
Sementara itu menyikapi sidang paripurna yang akan digelar hari ini, Polres Seluma dan Kodim 0425 Seluma akan melakukan pengamanan. Sebanyak 450 orang personel gabungan polisi dan TNI akan mengawal jalannya sidang penjadwalan pelantikan Bundra Jaya. “Kita telah mendapat informasi jika DPRD Seluma besok (hari ini) akan melakukan sidang paripurna. Anggota kita akan dikerahkan untuk mengamankan gedung DPRD dan kantor Bupati Seluma,” ujar Kapolres Seluma AKBP PL Gaol SIK melalui Kabag Ops Kompol Gunar Rahadtanto SIK.
Sebanyak 450 personel itu telah berada di Seluma sejak Senin lalu (7/1). Pasukan ini untuk tetap mengamankan Seluma sampai situasi benar-benar kondusif. Apalagi informasi beredar masih akan ada upaya aksi massa menentang proses pelantikan Bundra Jaya sebagai bupati definitif.”Kita akan bubarkan aksi massa yang tidak mengantongi izin. Sebab sampai saat ini kita belum menerima satu pemberitahuan pun jika akan ada aksi unjuk rasa,” pungkasnya.(333)