7 Desa Belum Cairkan Dana Desa

MINTA DICAIRKAN - Kades Sungkai Berayun, Mulyono (kanan) berkoordinasi dengan Kabid PMD DPMPD Benteng, Edi Susila SSTP MSi (kiri) agar pencairan DD tahap I segera terealisasi
Bakti/Bengkulu Ekspress
Kades Sungkai Berayun, Mulyono (kanan) berkoordinasi dengan Kabid PMD DPMPD Benteng, Edi Susila SSTP MSi (kiri) agar DD tahap I segera dicairkan, Senin (21/5).

 

7 Desa Belum Mencairkan Dana Desa

BENGKULU TENGAH, Benkulu Ekspress – Peringatan keras bagi 7 Kepala Desa (Kades) di Bengkulu Tengah Provinsi  Bengkulu agar segera melengkapi syarat pencairan dana desa (DD) tahap I tahun 2018. Sebab, jika hingga akhir bulan Juni 2018 mendatang tidak juga diajukan pencairannya, maka DD tahap I akan hangus alias tak lagi bisa dicairkan.

“Aturan terbaru dari pemerintah pusat menyebutkan bahwa batas penyaluran DD tahap I adalah hingga bulan Juni 2018. Jika tidak disalurkan, maka DD DD tidak bisa disalurkan,” jelas Kabid Pemerintahan Desa (PMD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Benteng, Edi Susila SSTP MSi, kemarin (21/5).

Menurut Edi, dari 142 desa di Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi  Bengkulu, ada 7 desa dari berbagai kecamatan belum menerima DD tahap 1 yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat tersebut. Yakni, Desa Taba Tarunjam dan Karang Tinggi Kecamatan Karang Tinggi, Desa Sungkai Berayun, Lubuk Langkap dan Sekayun Ilir Kecamatan Bang Haji.

Selanjutnya, Desa Arga Indah II dan Pagar Besi Kecamatan Kecamatan Merigi Sakti. “Hingga saat ini masih ada 7 desa yang belum menuntaskan syarat pencairan DD,” tambah Edi.

Keterlambatan pencairan DD merupakan kesalahan dari masing-masing desa. Sebab, pihaknya sudah beberapa kali memberikan imbauan kepada seluruh Kades serta perangkat desa agar segera melengkapi syarat pencairan. “Syarat pencairan DD tahap I adalah setiap desa harus segera menyampaikan dokumen anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2018,” tandasnya.

Senada juga diutarakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bengkulu Tengah , Welldo Kurniyanto SE MM. “Jika semua syarat sudah lengkap dan ditambah dengan rekomendasi dari DPMPD, DD tahap I tentu saja akan salurkan. Semakin cepat menyampaikan syarat, semakin cepat pula DD bisa direalisasikan,” pungkasnya.(135)