7 Bakal Calon Bupati ke PDIP

ARY/Bengkulu Ekspress
Hendra Wahyudiansyah salah satu pendaftar saat mengambil formulir di DPC PDI Perjuangan beberapa waktu lalu. Hingga batas akhir pengembalian formulir ada tujuh pendaftar yang mengembalikan formulir ke PDI Perjuangan.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Hingga batas akhir pengembalian formulir pendaftaran Calon Kepala Daerah (Cakada) di DPC PDI Perjuangan Sabtu (21/9) kemarin, sebanyak tujuh orang pendaftar telah mengembalikan formulir ke panitia seleksi Cakada PDI Perjuangan. “Dari tujuh orang yang sebelumnya mengambil formulir, kesemuanya telah mengembalikan formulir hingga batas akhir pengembalian Sabtu kemarin,” sampai Ketua DPC PDI Perjuangan Rejang Lebong, Surya ST saat dikonfirmasi Minggu (22/9) kemarin.

Dijelaskan Surya, ketujuh bakal calon Bupati Rejang Lebong yang mendaftar dan mengembalikan formulir ke Pansel Cakada PDI Perjuangan tersebut adalah Robiansyah, Syamsul Efendi, Hendra Wahyudiansyah, M Fikri, Putrado Herliansyah dan Heri Aprianto. Ketujuh Balon Cakada yang mengembalikan formulir pendaftaran tersebut baik dari internal PDI Perjuangan sendiri maupun dari eksternal.

Dengan telah selesainya proses pendaftaran Cakada, maka menurut Surya tahapan selanjutnya yaitu akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper tes. Selain melakukan kegiatan fit and proper tes DPC PDI Perjuangan juga akan melakukan survey kelapangan untuk melihat sejauh mana elektabilitas dari masing-masing calon yang mendaftar ke PDI Perjuangan.

“Untuk pelaksaaan fit and proper tes sendiri, akan kita lakukan dalam waktu dekat ini karena kita akan menyusul jadwalnya terlebih dahulu,” papar Surya.

Sementara itu, untuk waktu pengumuman siapa yang akan diusung oleh PDI Perjuangan nantinya, menurut Surya pihaknya masih menunggu petunjuk dari DPP PDI Perjuangan, karena memang menurut Surya masih banyak tahapan yang akan dilalui sebelum diumumkan siapa yang akan mereka usung.

Di sisi lain, terkait dengan koalisi PDI Perjuangan untuk bisa mengusung pasangan calon dalam Pilkada 2020 nanti, mengingat PDI Perjuangan hanya memiliki 4 kursi di DPRD Rejang Lebong, sedangkan syarat untuk bisa mengusung calon minimal 6 kursi. Maka menurut Surya untuk mencari koalisi tersebut juga nanti akan diserahkan kepada para pendaftar di PDI Perjuangan tersebut.

Bila memang mereka bisa membangun komunikasi yang baik dengan partai lain sehingga bisa membawa koalisi untuk maju Pilkada Rejang Lebong 2020 maka tentunya akan menjadi penilaian sendiri bagi DPC PDI Perjuangan.”Untuk kawan kita koalisi nanti juga tergantung dari para calon ini, karena mereka juga kita beri kesempatan untuk mendaftar di partai lain,” terang Surya.

Begitu juga untuk calon wakil bupatinya, karena ketujuh bakal calon yang mendaftar di PDI Perjuangan tersebut kesemuanya mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati Rejang Lebong. Maka menurut Surya ketujuh bakal calon tersebut juga nantinya yang diminta untuk mencari pasangan mereka untuk maju dalam Pilkada serentak di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2020. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*