7.731 Lowongan Kerja di Luar Negeri

suasana job fairJAKARTA – Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) DKI Jakarta, menyelenggarakan bursa kerja luar negeri (job fair) di Plaza Festival, Jakarta, 27-29 Mei 2013.

Kepala BP3TKI DKI Jakarta, Delta, mengatakan bursa kerja luar negeri kali ini merupakan yang kedua digelar sejak penyelenggaraan pertama tahun 2011 lalu di Blok M Plaza.

Diikuti 24 anjungan yang terdiri atas 17 anjungan dari kalangan pelaksana penempatan TKI swasta (PPTKIS), 5  perusahaan bidang kelautan, 3 anjungan BNP2TKI dan BP3TKI DKI Jakarta, dan 1 anjungan dari kalangan TKI purna.

“Bursa kerja kali ini menawarkan 7.731 peluang kerja sektor formal di luar negeri. Acara ini kita gelar bertujuan untuk menawarkan kepada masyarakat terutama para pencari kerja, untuk mengisi berbagai bidang kerja di luar negeri,” ujarnya di Jakarta, Senin (27/5).

Tujuan lain, lanjutnya, bursa kerja luar negeri juga digelar sebagai penyiapan data suplai sektor formal yang kini telah tersedia, yakni sebanyak 400 data suplai,  menumbuhkembangkan kemitraan antara BP3TKI dengan sekolah-sekolah kejuruan, memberi akses informasi lowongan kerja, dan mempermudah PPTKIS merekrut tenaga kerja.

“Penyelenggaraan bursa kerja ini juga sebagai alternatif dalam mengurangi pengangguran di Jakarta yang sampai saat ini angkanya mencapai 9 persen dan terdapat sekitar 500 ribu pencari kerja. Selagi kesempatan kerja di dalam negeri amat terbatas, bekerja di luar negeri menjadi pilihan,” katanya.(gir/jpnn)