7.606 UMKM Diusulkan Terima BPUM

BINTUHAN,BE – Sebanyak 7.606 berkas usulan masyarakat yang mengajukan Bantuan Produktif Usaha Mikro-Usaha Mikro Kecil Menengah (BPUM-UMKM) untuk Kaur sudah diinput petugas. Pengiriman data warga ini dilakukan oleh petugas Dinas Koperasi UKM Perindag Kaur, yang mulai mendata sejak awal April yang lalu.

“Ada 9.000 lebih data yang masuk dari desa, namun dari jumlah itu dua ribuan data tidak valid, seperti KTP belum sinkroninsasi, kekurangan data atau belum ada nomor HP, sehingga belum diinfut,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM Prindag Kaur Agusman Efendi SE MM kepada BE.

Dikatakan Agus, dimana untuk penginputan data BPUM belum berakhir masih ada rentang waktu hingga awal Agustus mendatang, saat ini sekitar 25 desa lagi yang belum mengirimkan data warganya untuk diusulkan dalam BPUM. Dikatakannya besaran BPUM tahun ini berbeda dengan tahun lalu yang mana langsung diberikan sebesar Rp 2,4 juta perpenerima.

“Nominalnya tahun ini hanya Rp 1,2 juta. Pendaftarannya melalui desa, nanti desa menyampaikan rekapnya ke dinas,” ungkapnya.

Ditambahkannya, ia juga meminta kepada warga yang sudah mendapatkan bantuan sebelumnya tak perlu kembali mengajukan kedua kali. Sebab nantinya akan terbaca oleh sistem. Apakah yang bersangkutan layak mendapatkan bantuan kedua kali atau diberikan kepada masyarakat yang lain. Menurutnya saat ini portal pengusulan sudah dibuka, sebelumnya pihaknya sudah membagikan formulir diserahkan kepada kecamatan untuk dibagikan ke desa. Setelah itu formulir itu diserahkan kepada pihaknya dengan dilengkapi soft copy.

“Kedepanya seperti biasa bantuan yang disalurkan ke rekening BRI itu dapat dicek warga yang sudah mengajukan permohonan dengan mengklik tautan http://efrom.bri.co.id/bpum menggunakan handpone kemudian menginput NIK,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*