65 TPS Sinyal Lemah, 41 Tanpa Sinyal di Kabupaten Kaur

Komisioner KPU Kaur Divisi Teknis Irpanadi SIkom

BINTUHAN,BE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur, siap menerapkan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dalam pilkada 9 Desember 2020 ini. Bahkan kini KPU Kaur, sudah melakukan titik koordinat 318 TPS di Kaur ini, namun sayang masih terdapat 41 TPS yang tak ada sinyal, 65 TPS sinyal lemah. Tentu hal ini menyulitkan menyampaikan laporan aplikasi Sirekap yang diharapkan KPU sudah diterima beberapa menit setelah usai penghitungan suara.

Hal ini dibenarkan Komisioner KPU Kaur Divisi Teknis Irpanadi SIkom saat diwawancarai BE Kamis (3/12). Menurutnya, 41 TPS itu menyebar di 15 kecamatan. Terbanyak daerah yang sulit dijangkau dan parahnya lagi sulitnya akses menuju TPS itu. Jalan menuju TPS tersebut tanah kuning belum diaspal. Diperkirakan kondisi jalan tersebut menyebabkan menyulitkan mengirim rekap hasil pemilihan nantinya.

“Ada yang memang medannya sulit dan sama sekali tak ada sinyal. Jadi hasil dari penghitungan suara yangs udah difoto di Hp android ini harus dibawa ke daerah yang mudah sinyal baru dikirim ke server situng,” terangnya.

Lanjutnya, meski demikian dia memperkirakan malam harinya usai pencoblosan setidaknya sudah 80 persen suara diterima server KPU sehingga bisa dipublikasikan memalui website KPU nantinya. Dengan demikian warga atau masyarakat umum yang penasaran dengan hasil pilkada dapat mengakses www.infopemilu.kpu.go.id pada malam harinya untuk mendapatkan gambaran hasil pilkada nantinya.

“Sifatnya hasil sirekap belum hasil pleno, tapi setidaknya bisa menjadi acuan nantinya,”ujar irpan.

Ditambahkannya, dari 318 TPS yang ada di kabupaten Kaur, sebanyak 145 diantaranya kualitas sinyal kuat, 67 lainnya sedang, 65 lemah sementara 41 sisanya tak ada sinyal.  KPU juga sudah memberikan pelatihan dengan PPS, KPPS hingga PPK terkait dengan teknis sirekap yang mewajibkan mengopload hasil perhitungan suara usai dilakukan penghitungan suara nantinya.

“Dari hasil opload ini nantinya terbaca dengan sistem berapa perolehan dari masing masing kandidat,” jelasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*