6,5 Km Tol di Benteng Selesai Dibangun

BENTENG, bengkuluekspress.com – Proses pengerjaan proyek jalan tol Bengkulu-Lubuk Linggau yang melintasi Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) terus berlanjut. Dari total 16,8 kilometer (Km) yang ada di Kabupaten Benteng, PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) sudah menyelesaikan pembangunan jalan tol sepanjang 6,5 Km.
“6,5 Km jalan tol sudah jadi. Perkerasan badan jalan dengan cor beton rigid pavement,” kata Koordinator Humas PT HKI, Candra.

Disampaikan Candra, pekerjaan ditargetkan tuntas sekitar bulan Maret 2021 mendatang. Diakuinya, kendala yang dihadapi adalah faktor cuaca (hujan,red) yang dapat menghambat pekerjaan. Selain itu, proses pembebasan lahan yang belum selesai sepenuhnya.
Dari total 5 desa yang sudah dibebaskan, masih terdapat beberapa spot yang belum selesai diganti rugi lantaran tak setuju dengan nilai ganti rugi yang ditawarkan. Baik itu lahan milik warga sipil maupun lahan HGU perkebunan sawit PT Agri Andalas (AA).

Diketahui, dari 6 desa yang terkena dampak proyek tol, warga terkena proyek (WTP) di 5 desa sudah menerima ganti rugi. Yaitu di Desa PUT dan Jumat Kecamatan Talang Empat, Desa Taba Lagan dan Lagan Kecamatan Semidang Lagan dan Desa Penanding Kecamatan Karang Tinggi. Total nilai ganti rugi di 5 desa tersebut sebesar Rp 136 miliar.
Saat ini, hanya tinggal WTP di Desa Sukarami, Kecamatan Taba Penanjung belum menerima ganti rugi lantaran masih menunggu hasil perhitungan dari tim KJPP.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*