63,2 Ton Beras Dibagikan Gratis

 SERAHKAN : Sekda Benteng, Muzakir Hamidi SSos MM bersama Kepala Dinsos Benteng, Hasan Basri SSos MM secara simbolis menyerahkan rastra kepada KPM di halaman kantor Bupati Benteng, kemarin (24/1)
SERAHKAN : Sekda Benteng, Muzakir Hamidi SSos MM bersama Kepala Dinsos Benteng, Hasan Basri SSos MM secara simbolis menyerahkan rastra kepada KPM di halaman kantor Bupati Benteng, kemarin (24/1)

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) secara resmi membagikan bantuan sosial (Bansos) beras sejahtera (rastra) kepada warga kurang mampu, di halaman kantor Bupati Benteng, Rabu (24/1) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinsos Kabupaten Benteng, Hasan Basri SSos menyampaikan, bahwa ada sebanyak 6.32 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tercatat sebagai penerima rastra (selengkapnya lihat grafis).
Karena setiap KPM berhak mendapatkan rastra sebanyak 10 kilogram, dipastikan bahwa jatah rastra di Kabupaten Benteng sebanyak 63.200 kilogram atau 63.2 ton.

“Dahulu, namanya beras miskin (raskin). Pada tahun 2018 ini, bantuan beras tersebut diganti nama menjadi beras sejahtera (rastra),” ungkap Hasan Basri.

Berbeda dengan mekanisme penyaluran raskin, Hasan Basri menegaskan bahwa bantuan yang beras yang telah disubsidi oleh pemerintah ini merupakan salah satu bentuk perhatian atau kepedulian kepada warga kurang mampu. Dimana, setiap KPM berhak mendapatkan bantuan rastra secara gratis alias tanpa membayar sepeserpun.
“Berbeda dengan raskin yang mewajibkan untuk menebus beras seharga Rp 1.600 perkilogram, rastra sama sekali tidak dikenakan biaya apapun,” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan Hasan Basri menuturkan, Pemda Kabupaten Benteng telah melakukan kesepakatan dengan pihak Bulog Provinsi Bengkulu dalam menyalurkan bantuan ke kecamatan atau titik-titik pembagian.

“Selama mobil bisa masuk, Bolog akan menyalurkan rastra ke titik-titik pembagian. Minimal ke masing-masing pemerintah kecamatan,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Benteng, Muzakir Hamidi SSos MM mengingatkan kepada seluruh Camat dan kepala desa (Kades) untuk melakukan penyawasan ketat dalam penyaluran beras tersebut.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya pungutan liar (pungli) ataupun penimbunan rastra demi kepentingan individu atau kelompok tertentu.

“Rastra harus disalurkan secara tepat sasaran. Jangan sampai ada yang menimbun rastra ataubahkan tidak membagikannya,” tegas Sekda.
Terpisah, Kabid Pelayanan Publik Bulog Provinsi Bengkulu, Marwansyah memastikan bahwa beras yang disalurkan

tetap memiliki kualitas bagus dan layak untuk dikonsumsi oleh setiap KPM se-Kabupaten Benteng.
“Jika beras yang disalurkan kurang atau beras yang kami bagikan tidak layak konsumsi, kami siap menggantinya. Ini adalah komitmen kami bersama Pemda Kabupaten Benteng,” tegas Marwansyah. (135)

Data KPM Rastra di Kabupaten Benteng:            

No. Kecamatan Jumlah
1. Bang Haji 593
2. Karang Tinggi 514
3. Merigi Kelindang 607
4. Merigi Sakti 564
5. Pagar Jati 419
6. Pematang Tiga 621
7. Pondok Kelapa 1.104
8. Pondok Kubang 479
9. Taba Penanjung 839
10. Talang Empat 508
TOTAL

6.320