629 Siswa Terima BSM

BINTUHAN,BE– 629 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) bakal segera menikmati Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk tahun ajaran baru. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Kaur untuk mendapatkan dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) telah disetujui dan segera dicairkan.
“Bantuan yang bakal diberikan bagi siswa miskin itu diberikan dua kali untuk satu tahun. Besar bantuan yakni sebesar Rp 650 ribu/ siswa. Bantuan langsung dikirim dari pusat melalui kantor pos. Hanya siswa bersangkutan yang bisa mengambil BSM ini,” ujar Kadispenbud Kaur M Daud Abdullah SPd didampingi Kabid Dikmen Firdaus SPd, kemarin.
Dikatakannya, sebanyak 629 penerima BSM tersebut merupakan usulan pihak Dispenbud Kaur ke pusat, alasan pengusulan tersebut mengingat banyaknya siswa miskin. Oleh karena itu ada untuk tingkat SMA 10 sekolah yang berhak menerima BSM. “Kucuran dana siswa kurang mampu tersebut diluncurkan melalui program Bantuan Khusus Murid Miskin (BKMM) Kemendiknas . Dari 629 siswa tersebut masing-masing sekolah SMA Negeri dan Swasta,” katanya.
Dijelaskanya, dari 629 Siswa yang mendapatkan bantuan tersebut terdiri atas SMAN 1 Kaur, SMAN 2 Kaur, SMAN 3 Kaur, SMAN 4 Kaur, SMAN 5 Kaur, SMA Muhammadiyah Kaur, SMA Asepia Tanjung Betung II Kaur Utara, SMAN 6 Kaur, SMAN 7 Kaur, SMAN 8 Kaur dan SMAN 9 Kaur.
Khusus BSM untuk SMA sistem pencairanya akan disalurkan melalui rekening siswa masing – masing. Tidak boleh melalui rekening sekolah.
“Mengingat adanya dugaan pemotongan maka sejumlah sekolah SMA yang mendapat kucuran dana tersebut tidak penuh, sehingga kita akan lakukan pengawasan,” katanya.
Kemudian itu, lanjut Firdaus, bantuan ini dimaksudkan untuk membantu biaya sekolah bagi siswa yang dianggap miskin dan tidak mampu. Sehingga pihak sekolah tidak dibenarkan melakukan pemotongan terhadap bantuan yang diterima para siswa.”Jika ada sekolah yang melakukan pemotongan akan disanksi,” jelasnya.(823)