60 Pemenang Pilkades Diusulkan

Panitia pilkades sesaat menyampaikan hasil pilkades ke PMD kemarin (21/11).

TAIS,Bengkulu Ekspress – Hampir sebulan sudah pelaksanaan pemilihan kepala desa di 85 desa di Kabupaten Seluma, selesai. Ternyata baru 64 desa saja yang sudah menyerahkan berkas hasil pelaksanaan pilkades oleh panitia desa ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(PMD).

Desa tersebut sudah diusulkan penerbitan Surat Keputusan(SK) selaku kades terpilih oleh bagian hukum.”SK kades tetap ditandatangani bupati melalui usulan dari PMD dengan proses verifikasi berkas.

Setelah itu barulah disetujui oleh Bupati Seluma,” imbuh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Saparudin MPd melalui Kabid PMD Hasdi kepada BE kemarin (21/11) kepada BE.

Pelantikan kades terpilih direncanakan pada Desember mendatang setelah SK keseluruhan rampung, serta disesuaikan dengan masa jabatan kades. Mengingat ada 33 kepala desa yang hanya mengajukan cuti, karena masa jabatannya belumlah habis.

“Saat habis masa jabatan kades akan dilantik serentak, namun tidak pada mereka yang belum habis jabatannya,”ujarnya



Ditambahkan, bagi desa penyelenggara pilkades dan panitia dapat dengan segera menyampaikan hasil dan berkas berkas pelaksanaan pilkades. Hingga saat ini masih ada 25 desa yang belum menyampaikan hasil pilkades ke PMD.

“Sampai detik ini kita belum mendapatkan laporan dari calon kades yang kalah untuk melakukan gugatan,” imbuhnya. (333)