6 Santri Kaur Siap Berlaga di Porsadin

IRUL/Bengkulu EkspressSELEKSI: Para santri dari MDTA saat mengikuti seleksi Porsadin tingkat kabupaten di aula Kemenag Kaur, dan dilanjutkan foto bersama, Kamis (13/6).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kaur melalui Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis), menggelar seleksi peserta Pekan Olahraga dan Seni Diniyah Takmiliyah (Porsadin) tingkat kabupaten di Aula Kemenag Kaur, Kamis (13/6). Hasilnya sebanyak 6 santri dari tiga cabang Porsadin siap dikirim mewakili Kabupaten Kaur untuk berlaga di tingkat Provinsi pada 20 Juni 2019 nanti.

“Jumlah peserta yang ikut Porsadin ini ada 27 orang santri, tapi dari jumlah itu hanya enam orang yang memenuhi syarat dan layak dikirim ke tingkat provinsi,” kata Kepala Kemenag Kaur Drs. H. Zainal Abidin MHI melalui Kasi Pakis Mugiyem MPd, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (13/6).

Dikatakannya, seleksi tersebut dalam rangka menyiapkan peserta utusan Kabupaten Kaur untuk Porsadin tingkat Provinsi Bengkulu Ke-V yang akan digelar tanggal 19 sampai 20 Juni mendatang di Pondok Pesantren Pancasila Bengkulu.

Seleksi Porsadin ini melibatkan seluruh Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), dengan berapa cabang lomba yakni lari 60 meter putra-putri, lomba cerdas cermat (LCC), tahfidz juz Amma, MTQ. Dari beberapa cabang ini Kaur akan mengutus peserta untuk cabang, lari, LCC dan tahfidz juz Amma.

“Porsadin ini dilakukan dua tahun sekali, dan untuk tahun ini memang belum semua cabang kami ikuti, semoga pada tahun mendatang akan muncul santri MDTA dengan potensi yang baik mewakili Provinsi Bengkulu,” terangnya.

Ditambahkannya, kegiatan ni bertujuan sebagai ajang ujicoba dan evaluasi untuk meningkatkan mutu dan kualitas diniyah. Sehingga nantinya anak didik yang menjadi pemenang dapat bersaing di Porsadin tingkat provinsi hingga nasional.

Selain itu, Mugiyem berharap melalui ajang Porsadin ini para santri diniyah diharapkan dapat membangun kominikasi timbal balik atau silaturrahmi individu, baik antar santri maupun antar ustadz dan seluruh komponen diniyah takmiliyah.

“Kita berharap melalui kegiatan ini akan muncul anak-anak yang terampil, serta memiliki kemampuan dan kualitas yang dapat bersaing di tingkat provinsi hingga nasional. Juga harapan kita untuk peserta yang akan dikirim nanti dapat membawa baik nama Kabupaten Kaur,” harapnya. (618)