6 Komplotan Penjahat Diringkus

 Terlibat Curanmor dan Bongkar Rumah

AMANKAN: Enam komplotan Curanmor dan bongkar rumah bersama barang bukti dua unit sepeda motor dan tiga unit HP saat diamankan di Mapolsek Nasal, Minggu (21/1).
AMANKAN: Enam komplotan Curanmor dan bongkar rumah bersama barang bukti dua unit sepeda motor dan tiga unit HP saat diamankan di Mapolsek Nasal, Minggu (21/1).

NASAL, Bengkulu Ekspress – Kerja keras Satreskrim Polsek Nasal patut diacungi jempol. Sekelompok pemuda yang merupakan komplotan pencuri kendaraan bermotor (Curanmor) dan pembobol rumah kosong yang kerap beraksi dan meresahakan masyarakat Kaur, berhasil diringkus polisi. Dari 6 pelaku itu diamankan 3 unit HP dan 2 unit kendaraan roda dua.

“Untuk keenam pelaku ini sudah kita amankan di Polsek, dan kini masih dalam pemeriksaan kita semua,” kata Kapolres Kaur AKBP Pringgodo Heru Kunprasetyo SIK melalui Kapolsek Nasal, Iptu Yana Rohyana kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (21/1).

Dikatakan Kapolsek, keenam pelaku ini berhasil diamankan Sabtu (21/1) di Kecamatan Nasal. Keenam pelaku itu yakni berinisial AL (21), warga Desa Tebing Rambutan Kecamatan Nasal, RE (18), warga Desa Pasar Jum’at Kecamatan Nasal, RO (18), warga Kecamatan Kedurang Ulu, KU (22), warga Desa Suka Jaya Kecamatan, RA (21), warga Desa Duriang Sebatang Kecamatan Kedurang Ulu dan AD (18), warga Desa Sukarami Kecamatan Kedurang Ilir Kabupaten Bengkulu Selatan. Mereka diamankan setelah beraksi beberapa lokasi di wilayah Kecamatan Nasal.

“Dari enam pelaku kita amankan ini, dua diantaranya AD dan RA masih sebatas saksi kini dan untuk tersangka baru empat orang. Tapi tidak menutup kemungkinan juga akan ikut tersangka karena mereka masih kita periksa. Juga untuk tersangka RO itu kita limpahkan ke Polsek Selebar karena TKP di Bengkulu,” terang Kapolsek.

Ditambahkan Kapolsek komplotan Curanmor dan bobol rumah ini di lokasi berbeda, dimana pelaku diamankan pertama kali yakni RE di rumahnya Desa Trijaya sekitar pukul 14.00 WIB. Dari hasil pengembangan, petugas juga mengamankan KU di jalan raya perbatasan Lampung Kaur sekitar pukul 15.00 WIB, selanjutnya dari hasil pengembangan lagi sekitar pukul 17.00 WIB polisi mengamankan RO dan RA di Desa Tebing Rambutan. Dari tangan para pelaku petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yaitu dua unit sepeda motor merek Viar dan Yamaha Vixion serta tiga unit HP. Dimana berdasarkan keterangan beberapa pelaku, komplotan ini sudah melakukan pembongkaran rumah kosong lebih dan Curanmor banyak tempat.

“Untuk pelaku RO dan RA ini waktu kita amankan itu dia mau pergi ke Jakarta, tapi karena kita sigap mereka berhasil kita amankan. Untuk berapa banyak TKP para pelaku melakukan nya masih kita kembangkan dulu, juga termasuk penadah barangnya,” jelas Kapolsek.

Sementara itu, tersangka KU saat ditemui wartawan kemarin (21/1) mengakui jika ia telah melakukan pencurian motor di objek wisata Kayangan Kecamatan Nasal. Menurunya itu dilakukan karena terdesak lantaran tak memiliki uang untuk belanja, sehingga ia nekat mencuri motor tersebut.

“Saya curi motor baru sekali inilah dan ini karena tidak ada duit. Selain itu, hasil penjualan motor curian juga kami gunakan untuk bersenang-senang sama kawan-kawan,” ujarnya. (618)