6 Kecamatan Pawai

KARANG TINGGI, BE- Sebanyak 6 kecamatan kemarin menggelar pawai bersama. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut MTQ (Musabaah Tilawatil Qur’an). Enam kecamatan yang meksanakan pawai itu antara lain, Karang Tinggi, Pondok Kelapa, Taba Penanjung, Talang Empat, dan Bang Haji.

“Tadi dilepas Bupati (H Ferry Ramli, SH), pawai dimulai di depan kantor Pemda selanjutnya berakhir di sini (Sungai Hitam),” ungkap H. Dimyati, SAg, Kepala KUA Taba Penanjung, yang juga Panitia MTQ Kecamatan.
Rute pawai dimulai dari Kantor Pemda Benteng melewati jalur kembar Pondok Kelapa dan berakhir di Terminal Sungai Hitam, Kota Bengkulu.

Dalam pawai kali ini, masing-masing kecamatan menunjukkan kreasi boneka arakan beragam bentuk, meski dengan objek sama, yakni masjid dan kubah. Pawai menunjukkan tanda dimulainya MTQ kabupaten. Pawai betujuan mengenalkan pula tradisi yang baru di Bengkulu Tengah.

Pawai ini merupakan yang pertama dilakukan, khusunya untuk menyambut MTQ Kabupaten, yang dimulai besok. Pawai sendiri melibatkan seluruh peserta MTQ. Masing-masing kecamatan mengutus 10 orang wakilnya. Dalam MTQ ini ada 3 mata lomba, antara lain Tilawah, Hafidz, dan Khatil Qur’an. Katagorinya kelompok anak-anak, remaja dan dewasa.
”Bagi pemenang mendapatlkan piala dan piagam,” ungkapnya.

Dalam pawai kali ini, masing-masing kecamatan menunjukkan kreasi arakan yang beragam bentuk, meski dengan objek sama, yakni masjid dan kubah. Selain bermaksud menunjukkan tanda dimulainya MTQ kabupaten, pawai tersebut juga untuk mengenalkan pula tradisi yang baru di Bengkulu Tengah. (122)